Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari 1.000 Cuma 87 Orang yang Punya Mobil di Indonesia

Kompas.com - 17/01/2018, 12:15 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan mobil di Indonesia merupakan yang terbesar di kawasan Asia Tenggara. Meski begitu, rasio kepemilikan mobil dibanding populasi masih rendah.

Disitat dari data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor), pada 2016 total penjualan mobil di Asia Tenggara mencapai 3,16 juta unit. Indonesia menyumbang paling banyak, yaitu 33,5 persen atau 1,06 juta unit.

Negara terbesar kedua adalah Thailand 24,3 persen. Kemudian diikuti Malaysia 18,3 persen, Filipina 11,4 persen, dan Vietnam 8,5 persen.

Di antara semua negara itu, rasio kepemilikan mobil per 1.000 orang penduduk paling tinggi ada di Brunei, yaitu 711. Artinya, dari 1.000 orang itu ada 711 mobil yang dimiliki.

Rasio untuk negara lainnya, Malaysia 439, Thailand 228, Singapura 145, Filipina 38, dan Vietnam 23. Indonesia dengan populasi 261 juta penduduk atau mewakili 41 persen dari seluruh penduduk di Asia Tenggara mendapat rasio 87.

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2017). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mempercepat pengerjaan proyek pembangunan underpass Mampang-Kuningan.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2017). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mempercepat pengerjaan proyek pembangunan underpass Mampang-Kuningan.

Sejumlah kendaraan antre di gerbang tol Cibubur Utama, Jakarta Timur, Kamis (7/9). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan surat keputusan menghilangkan gerbang tol Cibubur dan Cimanggis mulai 8 September 2017, hal tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan pada ruas tol Jakarta, Bogor dan Ciawi (Jagorawi). ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17.ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya Sejumlah kendaraan antre di gerbang tol Cibubur Utama, Jakarta Timur, Kamis (7/9). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan surat keputusan menghilangkan gerbang tol Cibubur dan Cimanggis mulai 8 September 2017, hal tersebut bertujuan untuk mengurai kemacetan pada ruas tol Jakarta, Bogor dan Ciawi (Jagorawi). ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17.
Angka itu sangat rendah menurut Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto, mengingat jumlah penduduk di Indonesia sangat banyak. Namun, hal itu dianggap peluang untuk meningkatkan industri otomotif dalam negeri walaupun banyak tantangannya.

“Jadi, misalnya saya ingin naikan satu, menjadi 88, itu berarti saya harus tambah menjual 250.000 unit mobil,” kata Jongkie, di Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Baca: Penjualan Mobil Indonesia 2017 Jalan di Tempat

Pada 2016 pendapatan per kapita di Indonesia rata-rata 3.570 dollar Amerika Serikat, angka itu meningkat 8 persen setiap tahun selama satu dekade. Jongkie menyebut pendapatan itu yang  jadi alasan mengapa mobil yang dibeli di dalam negeri berkisar Rp 200-an juta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com