Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Truk Penyapu Jalan Buatan Italia Milik Pemprov DKI

Kompas.com - 26/12/2017, 08:42 WIB
Alsadad Rudi

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru saja meremajakan kendaraan untuk kegiatan kebersihan. Lebih dari 1.000 unit sarana baru yang diremajakan, mulai dari truk sampah jenis compactor, wheel loader, gerobak motor, hingga truk penyapu jalan.

Khusus nama yang terakhir, mobil penyapu jalan yang dibeli oleh Pemprov DKI diketahui bermerek Dulevo, salah satu produsen kendaraan untuk pembersih jalan asal Italia. Dulevo yang dibeli oleh Pemprov DKI sendiri adalah Dulevo 6000.

Baca juga : Jelang Asian Games 2018, DKI Remajakan Sarana Kebersihan

Dulevo 6000 merupakan kendaraan pembersih bermesin diesel. Meski hanya memiliki kecepatan maksimum 42 kilometer per jam, kendaraan ini memiliki daya tampung sampah dengan kapasitas 6,2 meter kubik.

Mobil pembersih jalan merek Dulevo yang baru saja dibeli oleh Pemerintah Provinsi DKI. Dulevo merupakan kendaraan pembersih buatan Italia.Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Mobil pembersih jalan merek Dulevo yang baru saja dibeli oleh Pemerintah Provinsi DKI. Dulevo merupakan kendaraan pembersih buatan Italia.

Dulevo 6000 mampu membersihkan area seluas 105.000 meter persegi hanya dalam satu jam. Sikat depan dari kendaraan ini juga memiliki kemampuan manuver 180 derajat. Sehingga dapat menyapu area yang sempit seperti halnya selokan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, mengatakan, Dulevo 6000 merupakan kendaraan pembersih yang fungsinya mampu menggantikan tenaga penyapu manual sebanyak 60 orang penyapu jalan.

"Dengan teknologi generasi terakhir, yang tidak hanya menawarkan mesin penyapu jalan biasa, namun kombinasi antara mechanical sweeper dan vacum sweeper," kata Adji kepada KompasOtomotif, Senin (25/12/2017).

Dulevo 6000, mobil pembersih jalan buatan Italia.Dulevo Dulevo 6000, mobil pembersih jalan buatan Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com