Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Top Speed" Mobil Listrik Ezzy II Tembus 150 Kpj

Kompas.com - 20/12/2017, 16:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Surabaya, KompasOtomotif - Presiden RI Joko Widodo menjajal mobil listrik saat meresmikan tol Surabaya-Mojokerto pada Selasa (19/12/2017). Mobil listrik itu diketahui bernama Ezzy II yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Spesifikasi Ezzy II berdasarkan data di situs resmi ITS, mampu berlari dengan kecepatan maksimum 180 kpj. Daya jelajah berkat baterai 20 KWh, bisa dibawa jalan sejauh 130 km dalam sekali pengisian baterai. Tidak hanya itu, kecepatan maksimal mobil ini diklaim mampu mencapai 150 kilometer per jam.

"Pernah kita tes kecepatan maksimalnya 150 kpj," kata Direktur Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif ITS, Muhammad Nur Yuniarto kepada KompasOtomotif, Rabu (20/12/2017).

Baca Juga: Spesifikasi Mobil Listrik Ezzy II yang Dipakai Jokowi

Presiden Joko Widodo melihat-lihat mobil listrik Ezzy II karya ITS dan yang dijajalnya saat peresmian Tol Surabaya-Mojokerto, Selasa (19/12/2017).Istimewa Presiden Joko Widodo melihat-lihat mobil listrik Ezzy II karya ITS dan yang dijajalnya saat peresmian Tol Surabaya-Mojokerto, Selasa (19/12/2017).

Menurut Nur, Ezzy II mulai dikembangkan sejak 2013 dan masih berlanjut hingga saat ini. Total ada tiga unit kendaraan listrik yang kini dikembangkan oleh ITS. Selain Ezzy II, dua kendaraan lainnya adalah Ezzy I dan bus listrik.

"Jadi keseluruhannya ada tiga, satu bus dan dua mobil. Semua pengembangannya masih berjalan terus sampai sekarang dan kita kembangkandan perbaiki terus," ucap Nur.

Usai menjajal Ezzy II pada Selasa kemarin, Jokowi mengatakan, kekurangan dari sebuah mobil listrik yang dalam pengembangan merupakan sesuatu yang wajar. Terlebih lagi bila melihat pengalaman negara lain. Untuk melangkah ke tahap berikutnya diakui Jokowi tidaklah mudah.

Baca Juga: Usai Coba Ezzy II, Jokowi Komitmen Dukung Mobil Listrik Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com