Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPLU Kendaraan Listrik PLN Disjaya Dibikin Anti-Banjir

Kompas.com - 15/12/2017, 17:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PLN Distribusi Jakarta Raya optimis untuk bisa menopang kebutuhan soal infrastruktur kendaraan listrik, saat regulasi dan populasinya sudah semakin berkembang. Ibu Kota bakal jadi salah satu kota yang menjadi target dan ujung tombak implementasi kendaraan zero emisi tersebut.

Sejauh ini PLN mengklaim sudah memiliki 900-an SPLU yang tersebar di seluruh Jakarta, meski peruntukannya baru sekedar memenuhi kebutuhan listrik pedagang kaki lima. Di beberapa titik, SPLU-nya juga tampak belum sempurna jika akan digunakan untuk mengecas kendaraan listrik.

Meski begitu, Ikhsan Asaad, General Manager PLN Disjaya menjanjikan kalau semuanya bisa digunakan untuk pengecasan ke depanya. Dirinya juga sudah mengonfirmasi soal keamanan dari instalasi SPLU yang ada di Jakarta.

Baca juga : Cara “Ngecas” Kendaraan Listrik di SPLU

Tergenang air - Genangan air terjadi saat hujan melanda di kawasan Slipi, Jakarta, beberapa waktu laluKOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Tergenang air - Genangan air terjadi saat hujan melanda di kawasan Slipi, Jakarta, beberapa waktu lalu

Pasalnya , posisi SPLU yang ada di luar ruangan tanpa bangunan atap dan juga posisinya yang tidak terlalu tinggi, khawatir bisa terganggu karena hujan atau parahnya lagi terendam banjir. Menanggapi hal tersebut Ikhsan mengatakan kalau SPLU mereka sudah memenuhi standar safety.

“Kami sudah pasang proteksi yang sangat sensitif. Jadi kalau nantinya terendam air atau kebanjiran maka otomatis langsung mati (listriknya),” tutur Ikhsan, Kamis (14/12/2017).

Ikhsan menambahkan, kalau mereka sudah mendesain dan membuat SPLU tersebut terlindungi dengan baik. “Kemudian dari casing sendiri udah IP54 atau sudah waterproof,” ucap Ikhsan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com