Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik KTM di Indonesia Baru Beroperasi 2019

Kompas.com - 04/12/2017, 07:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - KTM melalui distributor tunggal PT Penta Jaya Laju Motor sudah menyatakan akan mendirikan pabrik perakitan di Indonesia. Lokasi yang dipilih, yaitu di Gresik, Jawa Timur.

Pabrik tersebut berdiri di atas lahan 15.000 meter persegi, dengan kapasitas produksi mencapai 20.000 unit per tahun. Rencana awal, bisa beroperasi pada 2018, lantas sekarang sudah sampai mana pembangunannya?

Menjawab pertanyaan KompasOtomotif, Akhmad Zafitra Dalie, Kepala Divisi Pemasaran KTM Penta Jaya, menjelaskan, proses persiapan terus berjalan lancar. Namun, sedikit tidak sesuai dari yang telah direncanakan awal.

"Baru bisa beroperasi pada 2019, proses pembangunannya masih sedang berlangsung," ucap pria yang akrab disapa Dalie, akhir pekan lalu.

Baca juga: KTM Kebut Pembangunan Pabrik di Indonesia

Dalie menambahkan, informasi terakhir sedang dalam proses persiapan infrastruktur. Sepeda motor yang dirakit, kata dia semua model, mulai 200 hingga 390 cc.

Model yang dijual di Indonesia oleh Penta Jaya, yaitu Duke 200, Duke 250, Duke 390, RC 200, dan RC 250.  "Kami harapkan bisa berjalan dengan lancar, agar terus berkembang di Indonesia," ujar Dalie.

Semua model yang kini di pasarkan di Tanah Air, statusnya masih impor utuh alias completely build-up/CBU dari India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com