BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Gratis Penggantian "Airbag" Takata di Bengkel Toyota

Kompas.com - 17/11/2017, 17:48 WIB
Dimas Wahyu

Penulis

Sumber kompas.com

KOMPAS.com - Kasus airbag Takata yang terpasang di banyak merek butuh perhatian, bahkan termasuk di Indonesia.

Pasalnya, bahaya bisa saja terjadi tanpa diduga-duga, seperti terkena pecahan logam yang terpental manakala airbag buatan Takata itu mengembang, sekalipun sejauh ini belum ada catatan kasus semacam itu di Indonesia.

Baca: Pahami, Sebab dan Efek Fatal Kerusakan Airbag Takata!

Yang juga perlu jadi perhatian, airbag itu terpasang di banyak merek, mulai dari Mercedes-Benz, Ford, BMW, Honda, Toyota, hingga Ferrari seperti dipaparkan di situs resmi lembaga keselamatan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Baca: Perlu Tahu, Takata Suplai “Airbag” Honda, Toyota, Mercy, sampai Ferrari

Untuk Toyota di Indonesia, Toyota Astra Motor (TAM) sedang melakukan program penggantian komponen airbag di bengkel-bengkel resmi mereka melalui Toyota Safety Campaign 3P (Pastikan, Periksa, Perbaiki).

"Kami concern ke siapa pun yang pakai mobil tersebut. Kalau kena pecahan kan bahaya ya. Di sini, bengkel resmi punya tanggung jawab untuk mengutamakan keselamatan pengguna Toyota," ujar Iwan Abdurahman, Workshop Departement Head Workshop Departement Technical Service Division TAM, Senin (13/11/2017).

Pihak bengkel resmi Toyota menghubungi satu demi satu pengguna berdasarkan kumpulan data nomor kontak yang selama ini dimiliki, baik karena pernah, maupun memang rutin servis di salah satu bengkel resmi, ataupun berdasarkan data pembelian.

Kata "gratis" dari awal sudah ditekankan saat pihak Toyota menghubungi konsumen. Pasalnya, ada saja yang mengira bahwa pihak bengkel Toyota hendak menawarkan produk.

"Ada yang awalnya sangka kami mau cari uang. Dikira mau tawarkan produk airbag. Makanya, kami ubah strategi telepon di awal bahwa ini semua free of charge," tambah Iwan menyangkut bebas biaya untuk jasa dan suku cadang kantong udara itu.

Berdasarkan data dalam program gratis Toyota Safety Campaign 3P ini, perbaikan Toyota di Indonesia berlaku untuk 97.978 mobil. Angka itu merupakan data terbaru berdasarkan informasi sebelumnya sebanyak 40.280 unit.

Airbag Takata Toyota Airbag Takata Toyota

Jumlah ini terbagi untuk Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), dan Yaris (2006-2012).
 
Nomor telepon untuk pengecekan sudah tersedia di 1-500-315. Selain itu, Toyota juga menyediakan halaman pengecekan secara online di situs www.toyota.astra.co.id/ssc.

Baca: Soal "Airbag" Takata, Pengguna Toyota Bisa Cek di Laman Ini

Yang terpenting untuk saat ini, kata Iwan, adalah mengecek dulu apakah mobil Toyota pengguna perlu penggantian airbag. Cara paling mudah adalah mengecek nomor rangka di situs yang sudah disediakan tersebut.

"Airbag ini nanti diganti dengan produk yang sudah diperbaiki. Suku cadangnya sudah ready, termasuk di tempat penyimpanan kami di Cibitung. Tidak semua airbag Takata perlu diperbaiki. Misalnya, Vios 2007, kalau ternyata tidak terlibat (terdata perlu penggantian) ya tidak perlu khawatir juga," ujarnya menekankan langkah awal berupa pengecekan.


Sumber kompas.com

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com