Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penebar Paku Punya Niat Lain dari Hanya Membocorkan Ban

Kompas.com - 16/11/2017, 17:42 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Paku-paku atau potongan jari-jari payung yang ditebarkan di jalan raya oleh oknum penambal ban ternyata tidak hanya bertujuan membuat bocor ban kendaraan. Lebih dari itu, pelaku menginginkan ban dalam motor para pengendara yang melintas itu menjadi rusak.

Dengan demikian, penambal ban yang licik ini dapat menjual ban dalam bekas atau yang kualitasnya buruk.

Hal ini diungkapkan Abdul Rohim, penggagas Komunitas Relawan Sapu Bersih (Saber) ranjau paku ketika KompasOtomotif berbincang di kediamannya di bilangan Pedongkelan, Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Rabu (15/11/2017).

“Jadi ada semacam modus menjual ban dalam abal-abal (kualitasnya buruk),” kata Rohim.

Baca juga : Berani Gores Bodi Mobil Pakai Paku?

Paku dan potongan jari-jari payung yang menempel pada magnet, hasil penyisiran Abdul Rohim di sejumlah ruas jalan raya pada Rabu (15/11/2017).Fachri Fachrudin Paku dan potongan jari-jari payung yang menempel pada magnet, hasil penyisiran Abdul Rohim di sejumlah ruas jalan raya pada Rabu (15/11/2017).

Jikapun ban yang terkena paku masih dapat digunakan, lanjut dia, oknum penambal ban yang licik itu akan berupaya meyakinkan pengendara bahwa ban dalam motornya itu tidak lagi dapat ditambal. Sehingga, pengendara terpaksa membeli ban yang dijual di tempat tersebut.

“Bengkel yang nakal ini kalau kita enggak tahu, kadang-kadang justru kita dikerjain. Jadi, walaupun ban semestinya masih bisa ditambal tapi mereka beralasan sudah tidak bisa ditambal. Alasannya bannya sudah robek. Begitu modusnya,” kata dia.

Adapun harga ban dalam yang ditawarkan bervariasi. Di beberapa lokasi, tukang tambal ban menjual ban dalam tersebut sekitar Rp 40-50 ribu. Namun di beberapa lokasi lain, harganya bisa mencapai Rp 70 ribu. Padahal, modal untuk satu ban dalam tersebut hanya sekitar Rp 12-15 ribu.

Baca juga : Kisah Para Pembersih Ranjau Paku di Jakarta

Abdul Rohim, penggagas Komunitas Sapu Bersih (Saber) ranjau paku tengah menyisir jalan raya, di daerah Pesing, Jakarta Barat, Rabu (15/11/2017).Fachri Fachrudin Abdul Rohim, penggagas Komunitas Sapu Bersih (Saber) ranjau paku tengah menyisir jalan raya, di daerah Pesing, Jakarta Barat, Rabu (15/11/2017).

“Jadi mereka menjual ban dalam yang murah, modalnya Rp 12.000 atau Rp 15.000 itu. Mereka enggak mau nambal. Alasannya harus ganti ban dalam. Nah ban dalamnya yang mereka sediakan,” kata dia.

Namun demikian, kata Rohim, tidak semua penambal ban yang ada di pinggir jalan raya menggunakan cara licik seperti itu untuk mendapat keuntungan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com