Bikin Supermoto Tak Terlalu Jangkung - Kompas.com

Bikin Supermoto Tak Terlalu Jangkung

Alsadad Rudi
Kompas.com - 15/11/2017, 16:02 WIB
Yamaha WR250R bergaya supermoto hasil modifikasi bengkel custom Arena Motor.Arena Motor Yamaha WR250R bergaya supermoto hasil modifikasi bengkel custom Arena Motor.

Tangerang, KompasOtomotif - Hampir semua sepeda motor trail memiliki dimensi yang lebih tinggi dari jenis kendaraan roda dua lainnya. Kondisi ini tentu saja cukup menyulitkan sebagian orang yang tidak terbiasa dengan motor tinggi.

Hal itulah yang dialami seorang pemilik motor Yamaha WR250R asal Tangerang. Motor trail yang satu ini diketahui memiliki dimensi panjang 2.180mm x lebar 810mm x tinggi 1.230mm.

Dibanding motor-motor trail lain yang ada di kelasnya, WR250R memang memiliki ukuran lebih tinggi. Maklum saja, motor yang satu ini memang merupakan produk Completely Build Up (CBU) yang diimpor dari luar negeri.

Baca juga : Acuan Modifikasi CRF150L Bergaya Supermoto

Kondisi ini pula yang menyebabkan pemilik kerap kesusahan untuk menaiki dan mengendalikan motornya itu. Pernah pada suatu ia bahkan terjatuh dari motor hingga menimbulkan kerusakan di beberapa bagian. Kondisi yang membuatnya memutuskan membawa motor yang dibeli pada 2017 ini ke bengkel Arena Motor yang ada di Tangerang.

"Sang empunya kesusahan karena tinggi asli dan spek motor memang untuk orang Amrika yang rata-rata tinggi besar," kata pemilik bengkel, Bobby Susanto kepada KompasOtomotif, Rabu (15/11/2017).

Yamaha WR250R bergaya supermoto hasil modifikasi bengkel custom Arena Motor.Arena Motor Yamaha WR250R bergaya supermoto hasil modifikasi bengkel custom Arena Motor.

Untuk menyiasati keinginan pemilik motor, Bobby menggunakan konsep supermoto. Pergantian pertama dilakukan pada bagian pelek, yakni dengan mengganti pelek ukuran depan 21 dan belakang 18 menjadi ukuran ring 17 untuk bagian depan dan belakang. Model yang dipilih adalah pelek Marchesini milik Aprilia RS125.

Bobby mengatakan pelek Marchesini milik Aprilia RS125 sebenarnya tidak bisa langsung dipasang di WR250R. Sehingga harus ada beberapa bagian yang diubah.

Baca juga : Bangun Impian Punya Supermoto dari KLX Bekas

"Bagian yang disesuaikan mulai dari as roda, bearing, boshing, braket rem, sama piringan biar pas dipasang," kata Bobby.

Setelah pas, pelek pun bisa dipasang. Untuk motor WR250R ini, ban yang dipilih adalah Pirelli Scorpion Trail dengan ukuran 120/70 di bagian depan dan 150/70 di bagian belakang.

Data Lengkap Modifikasi:

Pelek Marchesini R17
Ban Pirelli Scorpion Trail 120/70 dan 150/70
Selang rem Hel
Setang Renthal Twin Wall
Selang radiator Samco
Monoshock Spring by BBR
Spion Zefal
Decal Oracal by One Five Decalworks

PenulisAlsadad Rudi
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM