Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakorlantas Bicara Rencana Penghapusan Larangan Motor di Jakarta

Kompas.com - 13/11/2017, 18:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Penolakan dari pihak kepolisian terhadap wacana penghapusan larangan sepeda motor di Jalan Medan Merdeka Barat dan Thamrin berlanjut. Kali ini giliran Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Royke Lumowa yang menyampaikan pandangannya.

Menurut Royke, wacana yang digulirkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu tidak selaras dengan kampanye mengajak masyarakat menggunakan angkutan umum.

Baca juga : Polisi Minta Larangan Motor di Jakarta Tidak Dicabut

"Kalau tanya ke saya, bagaimanapun juga di kota Metropolitan seperti ini kendaraan umum harus diutamakan daripada kendaraan pribadi," kata Royke di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/11/2017).

Pengendara sepeda motor menerobos masuk ke jalur Transjakarta di kawasan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017). Meski seringkali dilakukan razia oleh Polisi, sejumlah pengendara sepeda motor masih nekad melakukan pelanggaran dengan menerobos jalur Transjakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pengendara sepeda motor menerobos masuk ke jalur Transjakarta di kawasan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017). Meski seringkali dilakukan razia oleh Polisi, sejumlah pengendara sepeda motor masih nekad melakukan pelanggaran dengan menerobos jalur Transjakarta.
Tapi, yang pasti kalaupun pencabutan larangan motor jadi diterapkan, Royke berharap Anies tidak mengesampingkan kualitas angkutan umum.

Baca juga : Polisi Nilai Pelarangan Motor Mampu Kurangi Kemacetan dan Polusi

"Kalau itu mengesampingkan angkutan umum ya tidak setuju. Karena tetap angkutan umum yang harusnya dibesarkan," kata Royke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com