Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Indonesia "Recall" Outlander Sport

Kompas.com - 13/11/2017, 16:08 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia berstatus recall. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan, Senin (13/11/2017), digelarnya program kampanye perbaikan massal untuk 17.064 unit Outlander Sport.

Baca: Mitsubishi "Recall" Ratusan Ribu Outlander Sport

Ada dua jenis komponen yang harus diganti, yaitu front motor wiper (bagian penyapu kaca depan) dan tailgate gas spring (bagian pegas di pintu belakang). Komponen tailgate gas spring pada semua unit yang terlibat harus diganti, tetapi tidak semua harus mengganti front motor wiper. Detailnya bisa dilihat pada tabel di bawah.

Soal komponen tailgate gas spring, MMKSI menjelaskan, "Ketidakcukupan lapisan antikarat di area end cap outer tube pada tailgate gas spring seiring waktu membuat karat dapat terbentuk pada outer tube.  Jika outer tube telah berkarat, end cap dapat terlepas dan mencederai konsumen atau tailgate akan terjatuh secara tiba-tiba dan berpotensi menyebabkan cedera.

Sementara buat front motor wiper, penjelasannya, “Ketidaktepatan struktur tahan air pada front motor wiper mengakibatkan adanya potensi air masuk (ketika hujan atau mencuci kendaraan) ke dalam motor wiper dan menyebabkan short  serta membuat motor wiper tidak bekerja.”

Perbaikan front motor wiper dan tailgate gas spring di bengkel resmi menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Kampanye dimulai pada 13 November 2017. Konsumen yang terlibat tidak dikenai biaya untuk pemeriksaan, penggantian komponen, dan perbaikan.

Recall serupa buat Outlander Sport sudah dilakukan di Amerika Serikat pada tahun lalu. Outlander Sport yang beredar di Indonesia merupakan produksi dalam negeri di pabrik Mitsubishi di Pulo Gadung, Jakarta Utara.

"Konsumen dengan model kendaraan tersebut yang menerima undangan kampanye dapat langsung menghubungi diler untuk dilakukan pemeriksaan dan penggantian komponen resmi terkait tanpa dikenai biaya apa pun" kata Director Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro.

 

No.

Jenis Perbaikan

Model Tahun Produksi

Jumlah Unit

Keterangan

  1.  

Penggantian Tailgate Gas Spring Assy

Outlander Sport

2012 - 2016

17.064 unit

-

   2.  

Penggantian Front Motor Wiper Assy

Outlander Sport

2012 - 2016

10.839 unit

Kendaraan pada kategori ini juga terlibat perbaikan Tailgate Gas Spring Assy

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com