Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masa Depan Daihatsu Xenia Belum Suram

Kompas.com - 12/11/2017, 10:25 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Model low multi purpose vehicle (LMPV) andalan Daihatsu, Xenia, penjualannya kian tertutup oleh rekan-rekannya. Penjualan terlaris mobil penumpang Daihatsu kali ini dipegang oleh Sigra, dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-September 2017.

Sepanjang sembilan bulan ini, Xenia mengalami penurunan sampai 13,17 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.Memang, antara Sigra dan Xenia punya ukuran mesin yang beda tipis, ditambah lagi dengan harga Sigra yang menggiurkan.

Pertanyaan mencuat, bagaimana nasib dan masa depan Xenia ke depannya?

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, Xenia tidak “madesu” alias masa depan suram. Daihatsu optimis ke depanya masih terbuka lebar untuk bisa meraih hasil lebih positif.

Baca juga : Penerus Avanza-Xenia, Kapan Versi Produksinya?

Wholesales Daihatsu Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo 2017).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales Daihatsu Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo 2017).

Daihatsu Sigra, kata Hendrayadi, jika dilihat dari komposisinya mencapai 25 persen sampai 26 persen year to date Januari-Oktober 2017. Sementara Xenia yang dulunya di mobil penumpang sangat dominan, saat ini hanya 20 persen.

“Namun, bukan berarti dengan itu disebut kalau penjualan Xenia turun, karena sampai saat ini masih sangat baik dengan rata-rata terjual 2.900 unit sampai 3.000 unit per bulannya. Secara kompsisinya memang di bawah Sigra, tapi secara penjualan masih cukup baik,” kata Hendrayadi, Jumat (10/11/2017).

“Sehingga bagiamana masa depannya? kalau saya bilang tidak suram. Masa depanya masih bagus dan masih baik,” ucap Hendrayadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com