Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Cuci Mobil Robot dengan Tenaga Manusia

Kompas.com - 08/11/2017, 11:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Depok, KompasOtomotif - Jasa cuci robot dan cuci manual dengan tenaga manusia memiliki perbedaan, baik dari segi biaya maupun durasi proses pengerjaan. Pada Selasa (7/11/2017), KompasOtomotif mendatangi sejumlah tempat cuci robot maupun cuci tenaga manusia yang ada di Depok.

Dari segi biaya, ongkos jasa yang dikenakan di tempat cuci robot adalah sebesar Rp 25.000 hanya untuk pembersihan bagian luar mobil. Untuk pengerjaan hal yang sama, tempat cuci mobil tenaga manusia yang sudah dilengkapi mesin hidrolik mengenakan biaya Rp 20.000.

Bila proses pembersihan menyasar ke bagian dalam mobil (vacuum), tempat cuci robot mengenakan biaya Rp 50.000, sedangkan cuci tenaga manusia hanya Rp 35.000.

Suasana di salah satu layanan cuci mobil steam hidrolik yang ada di Depok, Selasa (7/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di salah satu layanan cuci mobil steam hidrolik yang ada di Depok, Selasa (7/11/2017).

Beralih ke durasi proses pengerjaan. Di tempat cuci robot, pembersihan bagian luar hanya memakan waktu lima menit. Sementara itu, di cuci tenaga manusia mencapai 10-15 menit.

Sedangkan untuk proses pembersihan bagian dalam, tak ada perbedaan durasi proses pengerjaan baik di tempat cuci robot maupun cuci tenaga manusia. Keduanya sama-sama menghabiskan waktu mencapai 15-20 menit.

Dalam proses cuci robot, pemilik mobil tidak perlu keluar dari kendaraannya. Mereka hanya perlu menutup rapat seluruh kaca mobil. Pemilik mobil baru keluar dari kendarannya bila mereka memilih jasa pembersihan ke bagian dalam mobil.

Cuci robot sebenarnya merupakan istilah yang dipakai mengacu pada mesin khusus yang digunakan. Dalam prakteknya, cuci robot tidak sepenuhnya lepas dari tenaga manusia. Sebab masih ada beberapa pengerjaan yang harus dikerjakan secara manual.


Salah satu layanan cuci mobil dengan tenaga robot atau robotic car wash yang ada di Jalan Margonda, Depok, Selasa (7/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu layanan cuci mobil dengan tenaga robot atau robotic car wash yang ada di Jalan Margonda, Depok, Selasa (7/11/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com