Test Drive Performa dan Efisiensi BBM Xpander - Kompas.com

Test Drive Performa dan Efisiensi BBM Xpander

Aris F Harvenda
Kompas.com - 07/11/2017, 09:00 WIB
Mitsubishi Xpander menggendong mesin 1.5L dengan teknologi variabel katup MIVECAFH Mitsubishi Xpander menggendong mesin 1.5L dengan teknologi variabel katup MIVEC

Jakarta, KompasOtomotif - Tampilan eksterior dan interior Mitsubishi Xpander memang punya pengaruh besar untuk menarik minat pembeli. Namun ada satu sektor lagi yang juga bakal menjadi pertimbangan dalam perjalanannya bersaing di segmen MPV sejuta umat, yaitu performa mesin.

Kapasitas jantung pacu yang dipakai Xpander tidak berbeda dengan rivalnya yaitu 1.5L. Variabel katup yang digunakan juga cukup mumpuni yakni memakai teknologi Mitsubishi innovative valve timing control (MIVEC). Tenaganya mencapai 104 tk dengan torsi 141 Nm.

Lantas bagaimana dengan performanya? Varian yang dicoba adalah Xpander Ultimate AT. Alat tes redaksi mencatat akselerasi 0 - 100 kpj ditempuh dalam 15,01 detik. Capaian tersebut hampir mirip dengan performa Suzuki Ertiga yang juga bertransmisi otomatis.

Panel meter Mitsubishi Xpander menyimpan beragam informasi, termasuk konsumsi BBMAFH Panel meter Mitsubishi Xpander menyimpan beragam informasi, termasuk konsumsi BBM

Saat akselerasi spontan, putaran bawah tidak seagresif Avanza-Xenia ataupun Mobilio. Setelah masuk putaran atas, performanya hampir mirip.

[Baca juga : Wuling Lebih Mengganggu Ketimbang Xpander]

BBM

Ada beberapa kalangan agak pesimis soal efisiensi penggunaan bahan bakar minyak (BBM), terkait pemilihan jenis transmisi matik. Pertimbangannya adalah jumlah transmisi yang hanya memiliki 4 percepatan.

Saat ini produsen mobil bersaing membuat transmisi dengan jumlah gigi yang banyak. Tujuan utamanya adalah efisiensi bahan bakar. Pertimbangan mereka, sebisa mungkin rpm tetap rendah namun kecepatan laju (kpj) tinggi.

Transmisi 4 percepatan Mitsubishi XpanderAFH Transmisi 4 percepatan Mitsubishi Xpander

Namun pada saat mencoba selama 3 hari dengan kondisi kemacetan normal (kecepatan rata-rata 22 kpj), hasilnya tergolong lumayan. MID pada panel meter tercatat konsumsi BBM rata-rata 10,4 kpl.

Raihan tersebut tergolong moderat untuk segmen MPV sejuta umat.

[Baca juga : MPV Sejuta Umat Mitsubishi]

Suspensi

Untuk urusan kenyamanan memang Xpander patut diacungi jempol. Ayunan suspensinya terbilang nyaman jika disandingkan dengan model sekelas. Kompromi yang apik antara kenyamanan dan juga stabilitas. Ayunannya tidak keras dan juga tidak terlalu empuk.

Suspensi Mitsubishi Xpander punya performa yang baik dibanding rival sekelasnyaAFH Suspensi Mitsubishi Xpander punya performa yang baik dibanding rival sekelasnya

Jarak main suspensi yang cukup panjang juga mampu meredam guncangan saat melintasi jalan rusak dengan cukup baik.

Kesimpulan

Plus: putaran atas mesin cukup baik, suspensi nyaman.

Minus: transmisi masih menggunakan 4 percepatan, putaran bawah kurang responsif.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAris F Harvenda
EditorAris F Harvenda
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM