Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Sirkuit Sepang, Malaysia

Begini Rasanya Berada di Paddock Pebalap MotoGP

Kompas.com - 29/10/2017, 07:39 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

Sepang, KompasOtomotif - Bagi Anda pecinta MotoGP biasanya sudah tidak asing lagi dengan paddock atau garasi markas setiap tim balap. Di tempat ini, setiap tim mempersiapkan dan menyetting motor dan pebalapnya dengan baik sebelum turun ke lintasan balap.

Bersama Suzuki Indomobil Sales (SIS) R2, KompasOtomotif berkesempatan melihat langsung paddock Suzuki Ectar pada seri MotoGP Sepang, Malaysia.

Rombongan masuk melalui pintu belakang paddock saat jeda antara free practice 1 dan 2 yang berlangsung pada Jumat (27/10/2017) waktu setempat. Mungkin kalau di televisi terlihat kecil, maka sebenarnya ukuran garasi ini luas juga karena di dalamnya terbagi menjadi beberapa ruangan.

Di bagian depan, terbagi menjadi dua area di sisi kiri dan kanan untuk di dua pembalap. Masing area dilengkapi dengan 2 monitor untuk memantau jalannya balapan. Adapun empat motor untuk kedua pembalap berjejer di tengah-tengah sisi.

Baca Juga: Suzuki Buka-bukaan Soal Masalah di MotoGP

Pada masing-masing sisi itu terbagi lagi menjadi dua area. Pertama adalah bagian monitoring sepeda motor balap. Di sini ada terlihat ada 2 monitor dan 1 laptop untuk memantau kinerja motor.

Area monitor kinerja motor di paddock MotoGP Suzuki Esctar di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017)Mikhael Gewati Area monitor kinerja motor di paddock MotoGP Suzuki Esctar di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017)

Dari hasil pengamatan tersebut biasanya akan diperoleh data yang dipakai untuk mengubah settingan motor. Persis di samping kanan (kedua) ini adalah tempat para mekanik untuk mengutak-atik settingan.

Di area ini terlihat ada helm mekanik dan beberapa cairan khusus untuk membersihkan bagian mesin motor. Di bawahnya terdapat tempat untuk menyimpan perkakas atau alat-alat membongkar motor. Masuk ke bagian tengah ada ruangan besar untuk menyimpan komponen motor. Di bagian belakang ada lorong untuk menuju pintu keluar. Di sebelah kanan lorong ini adalah bagian penyimpan ban, sementara di bagian kiri merupakan tempat menyimpan komponen.

Baca Juga: Suzuki Berharap Indonesia Gelar MotoGP

Hospitality Room

Selain untuk urusan motor, masing-masing paddock tim MotoGp dilengkapi pula dengan hospitality room. Letaknya persis ada di belakang garasi.

Salah satu kru Suzuki Esctar sedang mengambil makanan di hospitality room tim tersebut di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017). Mikhael Gewati Salah satu kru Suzuki Esctar sedang mengambil makanan di hospitality room tim tersebut di Sepang, Malaysia, Jumat(27/10/2017).

Fungsi ruangan ini adalah sebagai tempat rehat dan makan para kru dan pembalap. Menu makan yang dihidangkannya beraneka ragam, namun yang jelas semua itu disajikan dengan sehat.

Beruntung, KompasOtomotif bersama rombongan Suzuki Indonesia berkunjung dan makan siang di sini. Di bagian paling belakang ruangan ini ada pula dapur yang digunakan chief dari Suzuki Ectar untuk memasak dan menghidangkan makanan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan intip galeri Paddock MotoGP Suzuki Esctar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com