Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berteduh Sembarangan Sama Saja Bunuh Diri

Kompas.com - 21/10/2017, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Pengguna sepeda motor yang berteduh di kolong jembatan masih menjadi pemandangan umum yang mudah ditemui pada musim hujan. Meski sudah ada aturan bahkan denda pidana, tapi pada kenyataannya regulasi tersebut tidak efektif.

Entah karena kurang sosialisasi, tidak ada tindakan dari pihak berwenang, atau memang sengaja diacuhkan, tapi harusnya pengguna motor paham bahwa tindakan tersebut membuat lalu lintas terganggu. Parahnya lagi, ada bahaya tersembunyi yang tidak disadari.

"Berteduh di terowongan, jembatan, dan tempat lain yang jalur umum itu sama saja bunuh diri. Ibarat kita berdiri di bahu jalan atau di tengah jalan, kemungkinan terjadi kecelakaan sangat besar," ucap Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu kepada KompasOtomotif, Jumat (20/10/2017).

Menurut Jusri, ada peluang di mana pengendara bermotor lain yang tidak sigap saat berkendara lalu menimbulkan kecelakaan. Parahnya, saat terjadi kecelakaan, akan menimbulkan konflik, antara siapa yang salah, yang menabrak atau yang ditabrak karena berteduh sembarang tempat.

Baca : Hujan, Jangan Berteduh di Sembarang Tempat

"Jadi selain membayakan dirinya sendiri, berteduh juga merugikan pengguna jalan lain, bahkan efek buruknya bisa panjang, kata jusri.

Ilustrasi berkendara musim hujan Ilustrasi berkendara musim hujan
Sedangkan untuk penanganan, menurut Jusri harus ada tindakan tegas dari para pihak berwenang guna menertibkan kondisi tersebut sebelum terlambat.

"Jangan tunggu sampai kejadian baru bertindak, ibarat memadamkan api yang sudah merambat, jadi sudah terlambat," ucap Jusri.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com