Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Desain SUV di Kacamata Petualang

Kompas.com - 12/10/2017, 14:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Seiring perkembangan jaman, desain mobil modern sudah tidak lagi terpaku pada pakem konvensional. Contohnya SUV, model yang seharusnya kapan saja siap diajak main lumpur itu sekarang didesain sampai bisa dibawa kondangan.

SUV sudah beralih kekinian, salah satu identiknya, yaitu bodi mengotak, tidak melulu harus digunakan. Sudah muncul genre pada generasi baru, SUV membulat yang punya tampang klimis, yakni crossover.

Meski begitu desain SUV mengotak masih punya fans. Contohnya dari kalangan off-roader, Tunggul Birawa yang mengatakan lebih senang pakai SUV penggerak roda belakang buat harian.

Baca: Desain Kotak SUV yang Mulai Bergeser

Honda CR-V 1.5L Turbo Vs Pajero Sport rakitan lokalHonda Prospect Motor, Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia Honda CR-V 1.5L Turbo Vs Pajero Sport rakitan lokal

“SUV sekarang, kalau ngomongin desain, agak terlalu manis, kurang tough. Saya lebih suka yang cenderung lebih kotak, misalnya Cherokee atau Nissan Terano,” ucap Tunggul belum lama ini.

Lain lagi dengan pendapat petualang darat yang sudah berkendara keliling dunia, Jeffrey Polnaja alias Kang JJ. Menurut Kang JJ, pilihan desain SUV tidak masalah asalkan bikin yang berada di kabin semakin ganteng.

“Kalau bisa dua-duanya, paduan SUV dan crossover. Akan lebih baik lagi kalau diesel biar mesinnya bisa non-stop ditinggal tidur semalaman,” kata Kang JJ.

Soal SUV, Kang JJ lebih perhatian pada masalah fungsional. Salah satu kriterianya, SUV harus irit, biar sering mencari SPBU yang bisa jadi susah dicari sepanjang perjalanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com