Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pergi, Pastikan Uang Elektronik Ada Saldonya

Kompas.com - 02/10/2017, 17:44 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Seluruh Jalan Tol di Indonesia mulai 31 Oktober 2017 tidak lagi menerima transaksi tunai. Namun, sejak September sudah ada beberapa gerbang Tol yang menerapkan secara bertahap.

Seluruh operator jalan bebas hambatan, termasuk Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, hingga mempersiapkan secara teknis maupun non-teknis. Mulai menyediakan kartu, hingga menambah sampai memperbaiki alat pembaca (reader).

Meski masih lama, namun menurut Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna, seluruh pengguna mobil harus sudah punya kartu semacam e-toll dan sejenisnya.

"Jadi kami harapkan masyarakat bisa mempersiapkannya sebelum berangkat, pastikan saldonya cukup," kata Herry saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (2/10/2017).

Baca juga: Sudah Berapa Pengguna "e-Money" di Indonesia?

Meski beberapa gerbang tol menerima pengisian ulang (top-up), Herry menyarankan untuk mengisi saldo uang elektronik di tempat perbelanjaan atau bank. Sehingga, ketika melakukan transaksi bisa lebih cepat.

"Sekarang ini kan sudah mudah melakukan top-up, semua bank negara juga sudah ada, ditambah lagi nanti bank lain menyusul mengeluarkan kartu," ujar Herry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com