Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Produksi Mesin Hibrida di AS

Kompas.com - 01/10/2017, 15:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Carscoops

New York, KompasOtomotif - Toyota serius menggarap mobil hibrida di Amerika Serikat (AS). Setelah sukses menjual banyak hybrid, raksasa asal Jepang tersebut kini siap melakukan produksi mesin hybrid untuk pertama kalinya di negeri pimpinan Donald Trump itu.

Disitat dari Carscoops, Toyota sudah mengucurkan dana investasi cukup besar, yakni 373.8 juta dollar AS atau setara dengan Rp 5 triliun lebih. Dana tersebut dikhususkan hanya untuk produksi mesin hibrida bensin dan listrik.

Produksi hibrida akan dilakukan di dua lokasi. Untuk mesin akan berlokasi di Kentucky yang juga digunakan memproduksi mesin bensin 2.500 cc milik Camry terbaru, sementara untuk transmisi dan sistem pengerak di West Virginia.

Tidak hanya itu, agar berkesinambungan Toyota juga memberikan dana invetasi baru di masing-masing pabrik. Mulai dari pabrik mesin di Alabama, sampai dua pabrik aluminium di Tennessee dan Missouri.

Baca : Toyota dan Mazda Bentuk "Geng" Baru Kendaraan Listrik

Toyota produksi mesin hybrid di Amerika Toyota produksi mesin hybrid di Amerika
Langkah ini menjadi bagian dari bukti janji dari petinggi Toyota, Akio Toyoda, untuk menginvetasikan dana sebesar 10 miliar dollar di Amerika Serikat. Sampai saat ini sendiri Toyota sudah mengalokasikan dana sebesar 4 miliar dollar.

Dengan bukti tersebut, Toyota mengklaim bahwa posisinya saat ini merupakan produsen kendaraan hybrid terbesar di dunia. Total produksi mobil hibrida sudah mencapai 10 juta lebih, di mana tiga juta unit tersebar di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com