Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2017, 14:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Honda

California, KompasOtomotif – Mobil hybrid Honda Clarity Plug-In berhasil meraih nilai tertinggi untuk jarak jelajah mesin listrik (all-electric range) terjauh di kelas mid-size plug-in berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Environment Protection Authority (EPA) di Amerika Serikat.

Mobil yang diturunkan dari Clarity Fuel Cell itu mampu menempuh jarak sejauh 47 mil (75,6 km) dalam sekali pengisian baterai penuh.

Clarity yang akan diluncurkan di Amerika Serikat tahun ini, juga sudah meraih rating 110 untuk efisiensi bahan bakar versi EPA, serta rating bahan bakar bensin sebesar 44/40/42 MPG (perhitungan kombinasi pengujian di area perkotaan dan jalan bebas hambatan).

”Clarity Plug-In Hybrid merepresentasikan permulaan dari era baru, di mana Honda akan menjadikan teknologi elektrik menjadi hal yang umum di masyarakat melalui produk-produknya,” ucap Ray Mikiciuk, Assistant Vice President dari Honda Auto Sales, American Honda Motor.

Baca juga: Honda Urban EV, Mobil Listrik Berparas Retro

Clarity Plug-In Hybrid menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc Atkinson 4-silinder untuk menghasilkan tenaga elektrik, yang pada keadaan tertentu dapat menjadi sumber tenaga langsung, sehingga menghasilkan rating nilai EPA sebesar 340 mil.

Tenaga elektrik maksimum yang dapat dihasilkan adalah 181 tk dengan torsi 314,5 Nm yang merupakan kombinasi mesin berbahan bakar minyak dan baterai 70 kWh, dengan waktu pengecasan hanya 2,5 jam untuk 240 volt.

Honda Clarity Plug-In Hybrid mempunyai mode pengendaraan untuk memberikan kebebasan bagi pengendara serta memaksimalkan efisiensi dan performa. Mode terdiri dari Normal, Econ, dan Sport. Mode keempat, yakni HV mode disediakan untuk menjaga status baterai dan dapat dipilih bersamaan dengan mode Normal, Econ dan Sport.

Honda Clarity Plug-In Hybrid adalah bagian dari seri Honda Clarity yang mencakup dua model, yakni Clarity Fuel Cell yang mulai dijual Desember 2016 dan Clarity Electric yang diluncurkan Agustus 2017.  Clarity Plug-In Hybrid diharapkan dapat mencetak volume penjualan tertinggi sepanjang sejarah Honda, dan dipasarkan dalam dua varian, yaitu standar dan touring.

Seri Honda Clarity menjadi yang terdepan dalam visi ”Honda Electrification Initiative” dengan tujuan menguasai duapertiga pasar global dengan produk mobil elektrik pada tahun 2030.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Honda
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com