Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatchback Audi Bermesin ”Kecil Cabe Rawit”

Kompas.com - 18/08/2017, 11:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Audi Indonesia di bawah bendera PT Garuda Mataram Motor mengenalkan Audi A3 Sportback di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Compact hathcback ini adalah bagian dari keluarga generasi ketiga Audi A3, menawarkan kepraktisan sebuah mobil keluarga yang sporty, plus efisiensi bahan bakar dengan penggunaan mesin baru.

A3 Sportback yang dijual di Indonesia ini mengemban model lima pintu, dan itu membuatnya punya dimensi eksterior lebih besar dibandingkan model basis A3 tiga pintu. Jarak sumbu rodanya juga lebih panjang.

Highlight pada model ini adalah jantung pacu yang mengikuti tren penggunaan mesin mungil, namun bertenaga berkat suntikan turbo. Di balik kap mesinnya terdapat mesin 1.200 cc TFSI, 4-silinder segaris berkapasitas 1.197 cc, mampu melontarkan tenaga puncak 110 tk @4.600 – 5.000 rpm serta torsi maksimal 175 Nm di rentang 1.400 – 4.000 rpm.

Demi menyalurkan tenaga tersebut ke roda penggerak depan, A3 Sportback menggunakan transmisi otomatis dual clutch 7-percepatan S-Tronic. Kombinasi mesin-tranmisi ini mampu melesatkan mobil 9,9 detik dari diam ke 100 kpj.

Selain bisa melesat kencang, mobil ini juga irit. Audi mengklaim, konsumsi bahan bakarnya mencapai 4,8 liter per 100 km, atau 20,8 kpl.

Interior
Tak sekadar lapang, kabin New A3 Sportback menawarkan kualitas material dengan detail yang istimewa, sekaligus ergonomis. Pengemudi mendapatkan lingkar kemudi baru palang tiga dengan paddle shift dan tombol multifungsi yang akan memudahkan kendali terhadap fitur-fitur di dalamnya. Tempat duduk depan dapat diatur secara elektronik ke empat arah.

Mobil ini kini juga dilengkapi MMI dengan layar 8,3 inci sebagai pusat kendali berbagai fitur. Untuk hiburan, ada MMI Radio Plus dengan Audi Sound System dan Bluetooth interface untuk menghubungkan ponsel dengan sistem audio.

Empat lubang ventilasi di dashboard mendapatkan desain yang baru, dan beberapa aksen metal menjadikan interiornya juga memiliki sentuhan yang sporty. Penyejuk kabin atau AC mendapatkan pengaturan 2-zona otomatis. Konsumen New A3 Sportback mendapatkan tiga pilihan warna pelapis interior yaitu Black, Chesnut Brown dan Rock Grey.

Tersedianya Electronic Stability Control (ESC) melengkapi pengendalian sempurna yang ditawarkan oleh New A3 Sportback. Ini membuat A3 dapat berbelok lebih lincah, pengendalian lebih tajam, lebih netral, lebih sporty, dan stabil.

Di Indonesia, Audi menawarkannya dengan tujuh pilihan warna, yaitu Brilliant Black, Ibis White, Vegas Yellow, Floret Silver Metallic, Nano Grey Metallic dan Tornado Red Metallic. Harganya pun mencpai Rp. 550 juta off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com