Ketika Pelapis Kulit Interior Tak Lagi Mewah - Kompas.com

Ketika Pelapis Kulit Interior Tak Lagi Mewah

Donny Apriliananda
Kompas.com - 09/08/2017, 16:02 WIB
Jok kulit premium kini tak harus menggunakan kulit sapi.carscoops.com Jok kulit premium kini tak harus menggunakan kulit sapi.

London, KompasOtomotif – Jika Anda ditanya, komponen atau bahan apa yang paling mewah untuk interior mobil? Sebagian besar mungkin menjawab kulit. Kini, atau bisa jadi di masa depan, anggapan itu bakal bergeser.

Ini seiring dengan merek-merek mobil mewah yang menawarkan alternatif pilihan selain kulit binatang sebagai simbol luks. Salah satu yang memulainya adalah Land Rover. Merek asal Inggris itu menawarkan bahan khusus pengganti kulit untuk Range rover Velar.

Perusahaan menggambarkannya sebagai ”bahan premium alternative pengganti kulit”. Bahkan harganya di atas opsi pilihan bahan kulit.

Website Australia, Drive, melaporkan bahan fabric yang ditawarkan Land Rover bersumber dari Australia dan Selandia Baru, lalu diolah oleh perusahaan Swedia Kvdrat. Bahan itu disebut ”suedecloth”, terbuat dari plastik yang didaur ulang.

”Perilaku memanfaatkan produk dari binatang sudah berubah sekarang. Dunia, terutama pecinta kemewahan, sudah lebih maju (pemikirannya), dan orang mencari cara untuk mencari produk baru, bahan baru yang lebih ramah,” kata Chief Designer Land Rover Gerry McGovern, kepada Drive (7/8/2017).

McGovern mengatakan akan sangat senang untuk berpindah pemikiran ketimbang harus ”membantai” lebih banyak sapi untuk diambil kulitnya. Paling penting, dengan bahan alternatif, desainer lebih leluasa menciptakan tampilan dengan nuansa berbeda.

Sebenarnya, Land Rover bukan yang pertama pengadopsi pemikiran ini. Anda tahu Alcantara yang mewah dan sporty untuk berbagai macam supercar? Sebenarnya itu bukan kulit binatang. Bahan tersebut adalah paduan dari polyester dan poliuretan.

Lalu ada Tesla yang baru-baru ini juga mengumumkan bahwa mereka bergerak menjauh dari kulit untuk dipasngkan pada kendaraan listriknya. Maserati menawarkan trim kain dan sutra dari Ermenegildo Zegna. Bentley sedang mengevaluasi opsi serupa setelah bertemu dengan pelanggan di California.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
SumberCarscoops
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM