“Monster Hijau” Rubicon 6x6 dari Los Angeles - Kompas.com

“Monster Hijau” Rubicon 6x6 dari Los Angeles

Kompas.com - 22/11/2016, 10:02 WIB
Agung Kurniawan/KompasOtomotif Jeep Wrangler Rubicon dengan sistem penggerak 6x6 hasil rumah modifikasi Wild Boar dari Los Angeles, AS.


Los Angeles, KompasOtomotif
– Grup Garansindo memang sengaja mengundang dua media nasional, salah satunya KompasOtomotif untuk meliput ajang peluncuran global perdana, Jeep Compass di Los Angeles Auto Show 2016. Tetapi ternyata undangan ekslusif ini bukan cuma meliput pameran, tetapi mobil modifikasi Jeep Wrangler Rubicon berpenggerak 6x6 karya rumah modifikasi Wild Boar Off Road asal Huntington Beach, Los Angeles, California.

Saat pertama kali melihat sosok monster berkelir permen hijau ini, kami terpukau. Apalagi ketika mesin dinyalakan, raungan mesin HEMI 6.4 liter supercharge yang sudah di-remapping ulang berpadu dengan transmisi manual 6-percepatan dengan sentuhan upgrade dari Wild Boar, mampu menyita perhatian hampir seluruh orang yang ada di sekitar mobil ini. Faktanya, tanpa modifikasi tambahan, mesin ini mampu menghantarkan tenaga sampai 500 tk.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Mesin HEMI 6.4 liter Supercharged.

“Ini merupakan karya engineer, hasil kreasi saya. Memastikan poros keenam roda supaya bisa bekerja maksimal menyalurkan tenaga dari mesin HEMI yang ada dibalik kap mesin,” kata Matt Hunt dari Hunt4Speed, pemodifikasi yang terafiliasi dengan Wild Boar Off Road saat berbicara dengan KompasOtomotif, Minggu (20/11/2016).

Hampir seluruh bagian Jeep Rubicon lansiran 2014 ini mengalami ubahan. Perpanjangan sasis, bodi, sampai interior semuanya serba custom alias dibuat ulang.

Kaki-Kaki

Urusan kaki-kaki dipercayakan menggunakan suspensi dari KING berukuran 2.5 dengan pengaturan kompresi, bisa menyesuaikan keras-lembutnya goncangan ke dalam kabin. Guna menopang kerja suspensi, juga ditambahkan peredam tambahan (bump stop) juga dari KING, sehingga tidak terjadi gejala mentok sekaligus membuat usia peredam kejut jadi lebih lama.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Pelek mengandalkan pasokan dari Fuel Wheels.

Pelek dari Fuel Wheels berkelir hitam dengan ornamen krom berbalut ban Toyo M/T 35x12.5x17 Open Country untuk dua medan, jalan dan medan berat (on and off road) menjadikan indentitas mobil ini jadi lebih tegas.

“Rintangan utama adalah membuat sistem penggerak 6x6 bisa berkerja maksimal. Tidak semua orang bisa melakukan ini dan kami beberapa di antaranya,” kata Matt.

Interior

Urusan interior juga bukan sembarangan. Semua lapisan jok, door trim, sampai lingkar kemudi diubah total. Bahan kulit mengombinasikan kelir hijau dan hitam sengaja dipilih agar sesuai dengan warna bodi. Bordir Wild Boar pada tiap sandaran kepala.

Wisnu Guntoro Interior Jeep Wrangler Rubicon 6x6.

“Modifikasi mobil ini sangat langka, bisa dibilang akan jadi satu-satunya di Indonesia nanti,” kata Harun Sjech, Direktur Penjualan dan Pengembangan Jaringan Garansindo Inter Global.

Harun menjelaskan, mobil ini merupakan pesanan khusus salah satu konsumennya di Bogor, Jawa Barat. Ketika ditanya berapa total biaya yang dikeluarkan untuk mewujudkan modifikasi ini, Harun belum mau menjelaskan lebih lanjut.

“Soal biaya belum bisa disebut. Tetapi, kalau ada yang mau pesan, bisa dilakukan kapan saja ke jaringan Garansindo di seluruh Indonesia,” kata Harun.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Jeep Wrangler Rubicon 6x6, hasil karya rumah modifikasi Wild Boar, Los Angeles, AS.

EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X