Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Menggoyang Mobil Saat Isi Bensin ?

Kompas.com - 04/10/2016, 08:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak perilaku para pemilik mobil yang unik dan cenderung menggelikan. Biasanya tindakan ini dilakukan turun-temurun dari orang tua atau yang dituakan dalam struktur keluarga.

Misalnya, perilaku menggoyang-goyang mobil saat mengisi bahan bakar minyak (BBM). Ini sepertinya dimaksudkan agar bensin bisa terisi lebih banyak atau benar-benar penuh, tanpa tertahan udara.

Namun, apa memang itu perilaku yang memang dianjurkan atau sekedar upaya sia-sia? Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service PT Toyota Atra Motor, coba memberikan jawaban atas perilaku yang kerap ditemukan tersebut.

“Sebenernya sih belum ada yang membuktikan kalau dengan menggoyang goyang mobil, isi bensin jadi lebih banyak. Karena itu tujuan mengapa orang menggoyang mobilnya,” ujar Dadi saat berbincang dengan KompasOtomotif, Senin (3/10/2016).

Dadi melanjutkan, mobil saat ini sudah dilengkapi sistem ventilasi pada lubang pengisian BBM-nya. Di mana ini memungkinkan udara yang ada di dalam tangki akan keluar dengan sendirinya seiring dengan dimasukkannya BBM tersebut.

“Tidak akan akan ada bedanya mobil yang saat diisi BBM dengan digoyang-goyang atau tidak. Kemudian, melakukan kegiatan tersebut, juga tidak ada efek negatifnya,” tutur Dadi.

Jawaban yang dipaparkan Dadi, bisa jadi dasar, kalau ternyata menggoyang-goyang mobil merupakan kegiatan yang sia-sia, karena tidak membuahkan hasil menguntungkan atau positif, dan merugikan pun tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com