Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kembangkan Transmisi Otomatis 10-Percepatan

Kompas.com - 27/10/2015, 18:28 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif
– Honda Motor Company tengah mengembangkan transmisi otomatis 10-percepatan. Nantinya, transmisi tersebut akan digunakan oleh kendaraan Honda di masa yang akan datang. Produsen otomotif asal Jepang itu mengklaim, transmisi terbarunya itu memiliki banyak keunggulan.

Dibandingkan dengan transmisi serupa yang sudah dikembangkan oleh merek lain, dilansir laman Caradvice, Selasa (27/10/2015) Honda mengatakan perpindahan giginya jauh lebih halus dan diklaim lebih irit bahan bakar. Bahkan, transmisi tersebut pertama diterapkan di mobil berpenggerak roda depan (front wheel-drive/FWD).

Rencananya, transmisi 10-percepatan itu akan dikembangkan di mesin Honda yang memiliki kapasitas besar, seperti 3.500 cc, tapi kedepannya sangat mungkin diaplikasikan pada mesin lebih kecil.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh transmisi 10-percepatan Honda seperti, desainnya kompak hanya 375 mm, dan tersedia fitur idling stop dan sistem shift-by-wire hingga saat pergeseran gigi menurun tidak harus berurutan. Contohnya dari posisi enam atau tujuh bisa langsung ke tiga atau dua.

Berkat teknologi yang canggih itu, transmisi tersebut tetap mampu memberikan akselerasi mumpuni. Kabarnya, transmisi otomatis 10-percepatan itu akan memiliki torsi 370 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com