Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mustang Rocket "Pimp My Ride" Beraksi

Kompas.com - 14/05/2015, 12:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

California, KompasOtomotif - Mustang "The Rocket" sempat menghebohkan waktu tampil perdana di ajang Los Angles Auto Show 2014 lalu. Kini, mobil hasil kolaborasi Henrik Fisker dan rumah modifikasi Gaplin Auto Sports (GAS) ini, sudah diproduksi dan siap dikirim ke kolektor mobil sport dalam jumlah yang terbatas.

GAS kerap dikenal oleh dunia pecinta otomotif lewat acara modifikasi bestutan MTV, "Pimp My Ride". Sedangkan Henrik Fisker merupakan mantan pemilik produsen mobil listrik Fisker yang harus bangkrut karena faktor ekonomi beberapa waktu lalu dan kini konsentrasi pada rumah desain miliknya, HF Design.

Fisker lantas melakukan lobi terhadap presiden GAS Beau Boeckmann yang kemudian menghasilkan beberapa sketsa untuk modifikasi Mustang terbaru. Kolaborasi ini tujuannya, menciptakan mobil modifikasi dengan kualitas pengerjaan standar pabrikan (original equipment manufaturer/OEM).

Rekayasa desain dilakukan bahkan dengan membuat model tanah liat skala 1:1. Tujuannya, mengembalikan nyawa Mustang Shelby GT500 lansiran 1968 yang ternama seantero Amerika Serikat (AS), bahkan dunia. Kaca yang digunakan mobil ini sama dengan komponen yang dipasok untuk pabrik perakitan Ford. Kecuali bagian pintu dan atap mobil yang dibuat ulang menggunakan serat karbon.

Selain itu, wajah sedan sport ini juga berubah total dengan grill juga dari serat karbon berbentuk heksagonal, fender depan baru, dan "buntut bebek" dibagian buritan. Semua diciptakan, kata Gaplin dan Fisker, agar alur udara yang melintas di sekujur bodi mobil lebih menopang gerak gravitasi Mustang.

CarandDriver Pernah dipamerkan di Los Angeles Auto Show 2014.
Mesin V8 diberi tambahan supercharger sehingga mendongkrak tenaga sampai 725 tk. Semua ban dilengkapi rem cakram 15 inchi dari Brembo. Pelek lebar 21 inchi dibalut ban Pirelli P Zero.

Mustang Gaplin Rocket diciptakan sebagai model pamungkas dari mobil berotot khas pabrikan AS. Tampilan Mustang ini kini terlihat lebih bertenaga, berotot, dan agresif ketimbang model standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com