Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen China Mulai Bangun Pabrik di Rusia

Kompas.com - 01/09/2014, 07:45 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Moskwa, KompasOtomotif - Great Wall Motor Company mulai membangun konstruksi pabrik perdana di Rusia dengan nilai investasi 3,2 miliar yuan (Rp 6,06 triliun). Fasiltas perakitan ini siap berdiri di Tula Oblast, dengan kapasitas produksi 150.000 unit per tahun.

Proses pembangunan pabrik berlangsung dalam dua tahap. Pertama, menghabiskan dana 2,1 miliar yuan (Rp 3,97 triliun) dan siap beroperasi dalam tiga tahun (2017). Produsen kendaraan niaga dan SUV terbesar di China ini, belum menjelaskan lebih lanjut soal pembangunan tahap kedua.

Pabrik ini akan menjadi pabrik perakitan mobil pertama milik produsen mobil China pertama di Rusia. Langkah ini terbilang berani, karena sebelumnya baik Great Wall dan Chongqing Lifan Industry Group Company memilih impor kendaraan dalam terurai (CKD) dan merakitnya di Rusia lewat pabrik mitra lokal.

Pekan lalu, Chongqing Lifan baru menyatakan siap membangun pabrik perakitan serupa di Kaluzhskaya Oblast, sebelah barat Rusia dengan investasi 930 juta yuan (Rp 1,75 triliun).
Tahun lalu, Great Wall berhasil menjual 20.000 unit mobil di Rusia. Hasil positif ini akhirnya mendorong pabrikan untuk membangun pabrik perdana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com