Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Kijang Innova "Berdarah" Indonesia

Kompas.com - 04/07/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia sudah dikabarkan akan melahirkan generasi terbaru Kijang Innova pada 2015. Saat ini, proses finalisasi produk masih dilakukan dan dikerjakan dengan melibatkan desainer dan insinyur asli Indonesia.

"Karena pasar Kijang Innova terbesar itu di Indonesia, jadi orang kita juga yang ikut mengembangkannya," jelas I Made Dana Tangkas, Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kepada KompasOtomotif, di Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Sama seperti menciptakan model baru lainnya, proses pengembangan dilakukan sejak jauh-jauh hari. Proses riset pasar menjadi latar belakang pertama, bagaimana produk akan diciptakan.

"Sketsa biasa digambar di sini (Indonesia) oleh orang kita kemudian dibawa ke Jepang. Orang kita ke Jepang, terlibat dalam pembuatan model dari tanah liat, sampai prototipe atau konsep," beber Made.

Berkat kemajuan teknologi informasi, proses komunikasi dengan Jepang juga jauh lebih efisien, tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri. Kijang Innova diciptakan menggunakan satu platform yang sama, Innovative Multipurpose Vehicle (IMV) yang juga dipakai untuk merakit Fortuner dan Hilux.

Ketika ditanya, kapan tepatnya Kijang Innova baru akan diluncurkan di Indonesia? Made memilih untuk tidak berkomentar. "Soal itu, tunggu saja karena harus kordinasi dengan TAM (PT Toyota Astra Motor) selaku distributor," tutup Made.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com