Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelahiran Toyota Prius Generasi Baru Tertunda

Kompas.com - 01/07/2014, 20:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Sejumlah spekulan mengatakan, Toyota berencana melepas generasi terbaru Prius mulai tahun depan (2015). Tapi, rencana ini sepertinya akan tertunda karena bergesernya proses produksi dari musim semi tahun depan sampai akhir 2015.

Sumber internal perusahaan dilansir Automotive News Europe (30/6/2014) mengatakan, para insinyur Toyota masih perlu waktu memastikan semua hal berjalan normal, sampai model siap dilepas ke pasar.

Kabarnya, insinyur Toyota masih menyiapkan sistem penggerak hibrida terbarunya bisa lebih efisien, dan bertenaga sesuai platform Toyota Global Architecture. Sumber internal memastikan kalau prototipe generasi baru Prius masih dalam pengembangan dan baru November bisa difinalisasi.

Setelah finalisasi, biasanya butuh waktu sekitar 12 bulan untuk persiapan sampai akhirnya produksi massal bisa dilakukan. Selain itu, masih ada tambahan setahun lagi baru varian hibrida plug in mulai menyusul dirakit massal. Michael Kroll, Manajer Nasional Produk Komunikasi Toyota kepada AutoblogGreen mengatakan, "Seperti yang Anda tahu, kami tidak bisa berkomentar soal rencana produk di masa depan."

Meski ada berita penundaan peluncuran, tapi beberapa berita potensial juga mengikuti kehadiran generasi baru Prius. Sumber internal Toyota kepada Autoblog mengatakan, dimensi Prius baru akan lebih kompak, dibekali motor listrik lebih bertenaga, dan punya efisiensi lebih baik.

Platform baru yang tengah dikembangkan Toyota, punya kelebihan bobot lebih ringan dan ditargetkan bisa setidaknya lebih hemat BBM hingga 10 persen dari model sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com