Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Jadinya kalau Beli Mobil Pakai Uang Receh

Kompas.com - 18/05/2014, 12:24 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber NBCNews
Beijing, KompasOtomotif -- "Uang berbicara". Apa pun bentuknya, mau itu kertas, koin, atau kredit, namanya uang sama saja nilainya. Nah, seorang pria dari China tiba-tiba datang ke salah satu dealer untuk membeli mobil, tetapi dengan uang receh, yaitu koin setara dengan Rp 181,3 juta.

Karena tidak mau kehilangan konsumen, pegawai di dealer itu langsung melakukan penghitungan, sementara sang pria menunggu dengan sabar. Seperti dilansir dalam tayangan "Today", NBC News, pria itu membayar dengan menggunakan kepingan koin dan beberapa tumpuk uang kertas pecahan kecil sehingga bobot uang itu mencapai lima ton.

Karena kerepotan dalam menghitung jumlah uang receh, akhirnya pramuniaga yang bertugas meminta konsumen untuk membayar setengah dari nilai mobil yang dibeli dengan uang receh. Sisanya, dibebankan ke kartu kredit konsumen.

Dalam tayangan ini tidak terlihat mobil apa yang coba dibeli. Tetapi, ada logo merek lokal China, Soueast, yang notabene mitra dari Mitsubishi. Produsen lokal ini juga punya kerja sama dengan Chrysler untuk menjual Dodge Caliber dan Caravan.

Mau tahu seperti apa ribetnya beli mobil pakai recehan? Simak tayangan berikut ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NBCNews


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com