Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lusa, Nissan Luncurkan "Hatchback" Baru

Kompas.com - 18/05/2014, 12:13 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Nissan memastikan segera melepas model terbaru di segmen hatchback, bersaing di segmen yang sama dengan Volkswagen Golf dan Ford Focus. Di Eropa, model ini disebut Pulsar.

Diklaim, hatchback lima pintu tersebut punya interior yang lapang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Eropa. Rekayasa produk dilakukan di Pusat Teknik Nissan di Bedfordshire, Inggris. Sedangkan, penjualan model terbaru mulai dilakukan musim semi 2014, dengan basis produksi di Barcelona, Spanyol berkapasitas 80.000 unit per tahun.

Produk ini akan menjadi tanda kembalinya Nissan di segmen hatchback, setelah sebelumnya menghentikan pemasaran Almera pada 2006. Strategi melepas model baru di segmen utama menjadi ambisi Nissan menjadi merek Asia terlaris di Eropa, menggeser Toyota pada 2016.

Andy Palmer, Wakil Presiden Eksekutif Nissan di Genewa Auto Show, Maret lalu mengatakan, perusahaan telah menyiapkan hal lebih besar ketimbang Almera. "Nissan sudah masuk ke segmen itu dalam waktu yang lama tapi tidak berhasil berpijak kokoh. Apa yang sudah diubah adalah kami berhasil menciptakan Qashqai dan berhasil membentuk ulang peta persaingan," jelas Andy, dilansir Autonews Europe (17/5/2014).

Nissan punya tugas yang berat untuk mengembalikan lagi posisinya di segmen kompak. Apalagi kondisi pasar terutama segmen kendaraan kompak sudah berubah signifikan dalam beberapa tahun terakhir di Eropa. Ian Fletcher, analis dari IHS Automotive mengatakan, Permintaan pelanggan atas keandalan dan kualitas pada masa lalu bisa berujung pada harga mobil yang lebih mahal."

Pulsar
Nissan memperkenalkan Puslar sejak 1978 dan dipasarkan di seluruh Asia dan Australia. Nama ini juga sempat dipasarkan ke beberapa negara Eropa pada awal 1990an menggunakan model N14. Meski sudah tidak dipasarkan lagi di Eropa, nama Almera masih digunakan Nissan di Rusia.

Pulsar diciptakan menggunakan platorm baru hasil kreasi Renault-Nissan, yakni Common Module Family (CMF). Platform sama yang digunakan untuk merakit Qashqai dan X-Trail. Perkenalan model terbaru Pulsar sudah ditandai dengan dilepasnya foto penggoda. Gambar hitam dengan siluet kebiruan terpancar dari wajah tiga model terbaru.

Pulsar akan ditawarkan dalam beberapa varian, mulai dari BlueMotion sampai GTI. Beberapa kelengkapan yang ditawarkan, meliputi parkir otomatis, sun-roof panoramic, sistem navigasi satelit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Desain terinsiprasi dari konsep Invitation dengan wajah yang mirip seperti Qashqai atau X-Trail sesuai dengan image merek terbaru. Pulsar akan diperkenalkan resmi, lusa (20/5/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com