Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari China

Mengunjungi "Dapur" Terbesar Nissan di China

Kompas.com - 23/04/2014, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Guangzhou, KompasOtomotif - Masih dalam serangkaian perjalanan Beijing Motor Show 2014, KompasOtomotif kali ini diajak bergeser ke selatan menuju Guangzhou oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Tujuannya untuk mampir mengunjungi fasilitas perakitan mobil terbesar Nissan di China, tepatnya ke pabrik Huadeu.

Disebut paling besar karena pusat produksi ini punya kapasitas maksimum hingga 670.000 unit di bawah operasional Dongfeng Nissan Passenger Vehicle Company. Selain itu, pabrik ini terintegrasi dengan perakitan mesin berkapasitas 1 juta unit per tahun. Kapasitas tersebut jauh di atas pabrik milik Nissan-Dongfeng lainnya, yakni di Dalian yang hanya berkapasitas 150.000 unit, Zhengzhou (600.000 unit), dan Xiangyang (220.000 unit).

"Fasilitas ini sudah terintegrasi, mampu membuat mobil dari nol sampai jadi. Lokasinya berdekatan dengan 200 perusahaan pemasok dan pelabuhan untuk pengiriman ke seluruh China," jelas Hideki Wakasa, Manajer NPW Promotion Section, Manufacture Performance Promotion Departement di Guangzhou, Selasa (22/4/2014).

Agung Kurniawan Juga produksi mesin dengan kapasitas 1 juta unit per tahun.
Terdiri dari dua pabrik utama dengan kapasitas masing-masing 400.000 unit (beroperasi sejak Mei 2004) dan 270.000 unit per tahun (September 2012). Fasilitas ini bertanggung jawab memproduksi berbagai jenis kendaraan penumpang Nissan, Dongfeng, dan Venucia (merek kolaborasi Dongfeng-Nissan).  Saat ini memproduksi hingga 41 model, antara lain Teana, Syiphy, X-Trail, Livina, Qashqai R50X, Sunny, Tiida, dan March.

"Pabrik ini merupakan salah satu pusat produksi terbesar Nissan di dunia juga menjadi contoh untuk lokasi lain. Selain besar, juga sangat efisien karena punya biaya logistik minimum karena berdekatan dengan perusahaan pemasok dan pelabuhan," lanjut Hideki.

Agung Kurniawan Tingkat kesalahan pabrik sangat minim, di bawah 1 persen.
Tahun lalu volume produksi Nissan, Dongfeng, dan Venucia mencapai 947.000 unit melesat 24,9 persen dari tahun sebelumnya cuma 758.000 unit. Jumlah total pekerja yang terlibat mencapai 15.682 orang.

"Kelebihan lainnya, pabrik ini punya level kesalahan sangat kecil di bawah 1 persen. Tahun lalu jumlah kendaraan yang tercapai dalam waktu yang ditentukan adalah 99,2 persen," tutup Hideki.

Agung Kurniawan Karya seni yang dipajang di lobi pabrik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com