Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Siapkan Generasi Baru Volt

Kompas.com - 07/04/2014, 13:01 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - General Motors (GM) berencana menyuntikkan dana segar 450 juta dollar AS (Rp 5,08 triliun), pada fasilitas produksi Hamtramck dan pabrik perakitan baterai di Detroit, Amerika Serikat (AS). Dana ini digunakan untuk persiapan produksi generasi terbaru Chevrolet Volt.

Pengumuman investasi, seperti ditulis harian The Detroit News (6/4/2014), baru mau dilakukan di ajang Automotive Press Associaton, Selasa (8/4/2014). Investasi itu juga akan menambah kapasitas produksi sekaligus jumlah tenaga kerja baru hingga 1.400 orang.

GM tidak mengonfirmasi adanya investasi itu, tetapi juru bicara, Katie McBride, menyatakan, memang akan ada berita baru dari pabrikan yang mau disampaikan dalam acara tersebut. Begitu pentingnya berita yang mau disampaikan, Walikota Detroit Mike Duggan dan Gubernur Michigan Rick Snyder bahkan diundang dalam acara pengumuman.

Usia
Volt saat ini sudah berusia empat tahun sejak pertama kali diperkenalkan ke pasar dan penjualannya mulai menurun. Kuartal pertama 2014 saja, GM hanya menjual 3.606 unit, turun 15 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Saat ini pabrik Hamtramck mempekerjakan sekitar 1.600 orang dalam satu jam kerja. Tempat ini menjadi satu-satunya tempat memproduksi Volt yang berteknologi hibrida plug-in.

Sementara itu, pusat produksi baterai jaraknya sekitar 30 mil sebelah selatan pabrik Hamtramck di Detroit, tepatnya di Browntown Township, Michigan. Sekitar 100 pekerja mendukung operasional di tempat ini, tapi belum diketahui berapa penambahan jumlah lapangan kerja baru jika investasi dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com