Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Tengah]

Memaknai Kemegahan Masjid Agung Jateng

Kompas.com - 05/03/2014, 14:56 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Semarang, KompasOtomotif - Masih dari Semarang, Tim Avanzanation Journey 2014 wilayah Indonesia Tengah mencari lokasi menarik yang bisa dikunjungi. Kali ini, tim mengarah ke Masjid Agung Jawa Tengah, tepatnya di jalan Gajah Raya, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

Meski bukan peninggalan sejarah, tetapi masjid ini patut dikunjungi setiap wisatawan yang datang ke Semarang, karena merupakan salah satu yang termegah di Indonesia. Dibangun mulai 2001, seluruh konstruksi berhasil diselesaikan dan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006. Luas bangunan utama 7.669 meter persegi dengan halaman 7.500 meter persegi.

Tiga Budaya
Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam gaya arsitektural campuran budaya Jawa, Islam, dan Romawi, oleh arsitek Ir Ahmad Fanani dari PT Atelier Enam Jakarta yang memenangkan sayembara desain masjid ini pada 2001.  

Pengaruh Jawa terlihat pada beberapa bagian, seperti dasar tiang masjid yang dihiasi motif batik, seperti tumpal, untu walang, kawung, dan parang-parangan. Bangunan utama masjid beratap limas khas Jawa dan ujungnya diletakkan kubah berdiameter 20 meter.
Ciri budaya Timur Tengah terlihat pada dinding masjid yang berhiaskan kaligrafi. Paling menarik, di halaman ada 6 payung hidrolik raksasa yang dapat buka tutup secara otomatis, mengadopsi arsitektur gaya Masjid Nabawi di Madinah. Sementara pilar-pilar tinggi berjumlah 25 di pelataran mencerminkan gaya koloseum yang diberi sentuhan kaligrafi. Menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul sesuai ajaran Islam.

Di gerbang utama ditulis dua kalimat syahadat, sedangkan pada bidang datar tertulis “Sucining Guno Gapuraning Gusti“ yang artinya “Kemauan dan upaya yang tulus membawa ke arah ridha Allah." Masjid ini mampu menampung lebih dari 15.000 orang. Di bagian depan teronggok batu prasasti setinggi 3,2 meter dengan bobot 7,8 ton berasal dari lereng Gunung Merapi.

Objek Wisata
Semenjak didirikan, Masjid Agung Jawa Tengah difungsikan bukan sekedar sebagai tempat ibadah. Tapi, juga menjadi obyek wisata terpadu, meliputi pendidikan religi dan pusat aktivitas syiar Islam.
Paling mentereng adalah keberadaan Menara Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter, di sebelah pojok barat daya masjid. Di puncak, ada teropong pandang dan bisa dinikmati pengunjung untuk melihat pemandangan Semarang dari atas.

Masjid ini juga menyimpan Al quran raksasa, hasil tulis tangan karya Haji Hayatuddin, artis kaligrafi dari Universitas Sains dan Ilmu Al quran, Wonosobo, Jateng. Juga ada beduk raksasa dibuat santri Pesantren Alfalah Mangunsari, Jatilawang, Banyumas, Jabar.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com