Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPnBM Pukul Pasar Moge!

Kompas.com - 23/01/2014, 07:59 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Rencana pemerintah menaikkan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor, akan mempengaruhi pasar moge atau sepeda motor di atas 500 cc. Salah satunya adalah Yamaha yang baru saja mencicipi segmen dalam jumlah sangat sedikit.

"Kenaikan PPnBM pasti menyebabkan harga juga naik. Tujuan pemerintah menaikkan PPnBM untuk mengurangi permintaan sekaligus impor," jelas Dyonisius Beti, Wakil Presiden Direktur Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada KompasOtomotif (22/1/2014) malam.

Bagi Yamaha. kenaikan harga akansangat terasa pada dua moge menengah, yakni T-Max dan R6. Padahal kedua model ini berkontribusi 90 persen terhadap penjualan moge  Yamaha). Bahkan semua T-Max  yang diimpor, langsung terjual habistahun lalu.

Penurunan penjualan akan terasa di segmen 500 cc. Bisa anjlok 50-60 persen, karena faktor harga sangat sensitif," tukas Dyon. Sementara untuk dua model lain, R1 dan V-Max, menurut Dyon, tidak akan terlalu terpengaruh karena konsumennya yang benar-benar hobi "berat".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com