Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tematis Interior

Kabin Makin Nyaman dengan "Double Blower"

Kompas.com - 05/01/2014, 16:48 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tidak semua varian MPV memiliki kelengkapan pendingin tambahan untuk penumpang belakang, double blower. Dalam kondisi cuaca panas di siang hari dan lalu lintas macet, biasanya penumpang baris ketiga kurang bisa merasakan kenyamanan AC, karena menggunakan model single blower.

Agar semua penumpang merasa nyaman, bisa ditambahkan blower. Harganya tidak terlalu mahal. Pemasangan juga gampang (tidak perlu berhari-hari). Berikut penuturan Edo, Kepala Bengkel Dwi Guna, di bilangan Haji Nawi, Jakarta Selatan.

Thailand
"Produk bagus saat ini ada dua, yaitu dari Thailand atau merek ND. Meski murah, produk dari Thailand hampir sama kualitasnya dengan ND. Buktinya, pelanggan saya tidak ada yang komplain. Mereka datang hanya untuk servis rutin setahun sekali. Banyak juga yang pakai ND karena sudah punya nama besar," papar Edo. Produk dari Thailand biasanya dilego Rp 2,5 juta-Rp 3 juta, sedangkan ND Rp 4,5 juta-Rp 5 juta.

Perbedaan kedua produk hanya material. Bentuk dan fungsinya sama, antara lain unit blower, evaporator (jaringan pipa yang berfungsi sebagai penguapan), motor blower, selang set, ekspansi (pengatur refrigerant yang masuk ke evaporator), boks blower, dan kisi-kisi celah AC.

Instalasi
"Untuk pemasangan butuh waktu sehari. Pagi masuk, sore kelar. Dengan catatan, AC tidak bermasalah," beber Edo. Selang AC di bagian depan dibuka dan dibuat cabang untuk mengalirkan hawa dingin ke blower tambahan melalui selang penghubung.

Setelah semua komponen dirakit dengan benar, tahap selanjutnya adalah meletakkan di plafon. Dengan sangat terpaksa, atap mobil bagian dalam harus dibor supaya bisa memasang mur baut untuk mengikat blower. Setelah itu, penyambungan dengan selang yang cabangnya sudah dipasang dari depan.

Pastikan bengkel yang memasang AC memberi garansi minimal 6 bulan, khususnya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebocoran. Penambahan double blower ini tidak perlu mengganti kompresor bawaan pabrik. Hanya kapasitas freon yang ditambah!

Garansi
Perlu diketahui, beberapa ATPM di Indonesia mengharamkan pemasangan double blower. Jika konsumen tetap memasang peranti tersebut maka garansi pabrikan bisa gugur. Jadi pastikan dahulu perihal klausul garansi sebelum menambah blower. Kalau untuk mobil yang di luar masa garansi sepertinya tidak masalah selama bengkel pemasang memberikan garansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com