Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Mobil di Eropa Terseok, Inggris Justru Memuncak

Kompas.com - 20/12/2013, 13:17 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber inautonews


London, KompasOtomotif - Asosiasi Industri dan Pedagang Otomotif Inggris (SMMT) menyatakan, kapasitas produksi mobil baru tahun ini akan mencatatkan rekor baru, lebih dari 1,5 juta unit naik 4,5 persen. Dalam 11 bulan pertama saja, total produksi mencapai 1,42 juta unit.

Model baru seperti MINI generasi ketiga dan yang lain berhasil menambah pundi-pundi produksi di Inggris. November lalu, penjualan di pasar domestik Inggris tercatat melesat 24,2 persen menjadi 293.292 unit. Meski (November) dari sisi produksi turun 3,6 persen, tapi situasi ini hanya sementara di saat pabrikan mempersiapkan lini untuk model-model baru sehingga tahun depan akan melejit lagi.

SMMT sudah mengatakan kalau jumlah kendaraan baru yang terdaftar di seluruh Inggris naik 7 persen pada November. Selain tercatat sebagai lonjakan bulanan terbesar, juga menjaga pertumbuhan tetap terjaga dalam 20 tahun terakhir.

Perhitungan total (11 bulan), pendaftaran kendaraan baru melesat 9,9 persen menembus 2,25 juta unit tahun ini. Sedangkan dari sisi produksi, SMMT berharap bisa terus mendongkrak kapasitas produksi mobil menjadi 2 juta unit pada 2017.

Sayangnya, ketika penjualan postif terjadi pada segmen kendaraan penumpang, kendaraan komersil justru terpuruk. Kondisi ini seperti cermin lagi hancurnya perekonomian Eropa membuat kegiatan ekonomi yang biasa ditopang kendaraan niaga anjlok. Total produksi (Januari-November) kendaraan niaga turun 21,5 persen menjadi hanya 82.535 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com