Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Soluna Gaya Amerika

Kompas.com - 24/05/2013, 11:02 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Mengubah mobil merek asal Jepang menjadi elegan ataupun bergaya Japanese Domestic Market (JDM) sudah jadi hal yang lumrah. Untuk tampil beda, Akbar coba memermak Toyota Soluna keluaran 2000 miliknya bergaya aliran Amerika (USDM : United State Domestic Market).

Ciri Khas
Cirinya, lampu utama menjorok ke dalam. Prosesnya cukup sulit karena komponennya tergolong langka. Setelah berburu beberapa pekan dan tidak menemukan hasil maka diputuskan untuk membuat sendiri (custom). Seperti rumah lampu menggunakan pelat besi, sedang lampunya dipakai punya Kijang 'kapsul' cocok dan pas meski harus sedikit dimodifikasi bagian belakangnya.

Identitas lain bisa dijumpai pada lampu samping di bemper belakang, ukurannya kecil menyerupai sein samping yang tidak sekedar ditempel. "Mau tidak mau bemper harus dirobek biar lampu bisa ditanam. Saya sudah coba mengakali agar bisa ditempel, tapi hasilnya malah jelek dan aneh," papar Akbar.

Agar tampilan lebih elegan beberapa body kit ikut menempel seperti side skirt, spoiler depan dan belakang. Uniknya, semua perangkat tersebut bukan terbuat dari serat kaca seperti kebanyakan melainkan dari pelat besi. Alasannya lebih kuat, tahan lama dan tidak bergelombang.

Langka
Supaya terlihat istimewa Akbar mencari pelek yang tergolong langka yakni model 3 lapis. Sebenarnya model ini banyak pilihan, tapi diameternya 17 inci atau lebih besar. Paling sulit adalah untuk ukuran kecil, 15 inci seperti yang sekarang dipakai, AC Schnitzer Type1. "Memang sulit untuk mendapatkan pelek ini dan harus sabar dan rajin menyambangi beberapa toko pelek dan cari di internet. Begitu dapat, tentunya menjadi kepuasan dan kebanggaan tersendiri," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com