Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Inazuma Bernafas Petarung Jalanan

Kompas.com - 09/04/2013, 14:57 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Ada yang aneh ketika KompasOtomotif melihat Suzuki Inazuma yang siap dipotret di bengkel modifikasi Baru Motor Sport (BMS), Palmerah Barat, Jakarta Selatan. "Ganjalan mata" itu terhenti pada lengan ayun karena tak seperti kebanyakan sepeda motor sport. Ya, kaki belakang itu sudah pakai limbahan Triumph Speed Triple, lengkap dengan monosoknya.

Rupanya ini magnet awal penarik perhatian. Perwajahan pun sedikit tak dihiraukan dengan mencurahkan perhatian terhadap rombakan kaki-kakinya. "Inazuma kan masuk di genre naked bike,  tinggal ganti kaki-kaki moge sudah cakep banget. Yang penting nyaman buat jalan, tapi ada darah street fighter-nya," ucap Ariawan Wijaya, punggawa BMS.

Langkah yang diambil Ari sebenarnya cukup berisiko. Butuh kecermatan dan pengalaman. Ari menjelaskan, karakter lengan ayun Inazuma dan Triumph bisa disetarakan dan digabung, meski harus sedikit mengubah setelan. Ruang di kanan-kiri rumah poros dipersempit dengan cara dipotong agar lengan ayun muat di antara rangka.  Bagian kanan dipangkas 8mm dan kiri 6mm agar posisi ban dan rantai merek RK Racing Series tepat pada posisinya.

Dengan ubahan itu, roda tampak kekar, apalagi menggunakan pelek Triumph Speed Triple yang dibalut ban Pirelli Rosso Corsa 120/70-17 di depan dan 190/55-17 di belakang. Untuk mengakali bobot yang tambah berat di kaki belakang, dibuatkan pelat setebal 5mm di lubang as lengan ayun.

Puas memandangi kaki belakang, giliran depan yang ditelanjangi dan diganti garpu model terbalik (upside down) milik Kawasaki ZX-6R. Penampilan depan itu lantas diserasikan dengan caliper set Brembo. Kenapa bukan punya GSX yang sama-sama Suzuki? "Kebetulan barang yang ada punya Kawasaki. Gak jauh modelnya-lah," kelit Ari sambil tertawa.

Setang Lebar

Selebihnya penyesuaian. Ari lantas mengganti setang standar dengan yang lebih keren merek Renthal tipe Twinwall. Posisi tangan kini lebih melebar, dan ternyata penggantian ini membuat posisi duduk semakin nyaman. Lalu, jok belakang dilepas, digantu penutup jok kustom dari serat fiber.

Knalpot Inazuma yang nongol kembar di kanan-kiri kini dijadikan satu lubang di kanan, menggunakan merek Yoshimura tipe R77. Tampilan belakang dipermanis dengan mengganti braket pelat nomor Rizoma, berikut lampu seinnya.

Warna dan tampang tak disentuh alias dibiarkan standar untuk tidak menguras habis identitasnya. Meski begitu, dengan fokus penggantian kaki-kaki dan ubahan knalpot saja, Inazuma ala BMS ini sudah layak menyandang predikat sebagai petarung jalanan. Kodrat yang seidkit bergeser dari sepeda motor touring biasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com