11 Teknologi Mobil yang Terlupakan (1) - Kompas.com

11 Teknologi Mobil yang Terlupakan (1)

Kompas.com - 09/11/2012, 14:55 WIB
Kaca depan Kaiser-Frezer copot saat tabrakan

KompasOtomotif — Ahli-ahli otomotif di era 1990-an, 1980-an, 1970-an atau bahkan era awal perkembangan alat transportasi telah mengembangkan macam-macam perangkat keselamatan pada mobil. Bentuk dan fungsinya kadang aneh, walau sebagian dikembangkan dan akhirnya berguna. Sebelas di antaranya gagal diproduksi massal, tidak populer, dimusnahkan karena rahasia, dan kebanyakan sudah terlupakan.

1. Kaca depan tercopot secara otomatis
Edgar Kaiser seorang pengusaha ternama asal Kanada pernah mengalami kecelakaan mobil. Ia lantas membuat sedan yang menurutnya super-aman bernama Kaiser-Frazer Deluxe (1952). Aman di sini berarti bisa membuat kaca depan tercopot secara otomatis saat mobil menabrak. Hasilnya, pengendara tidak kejedot.

2. Aurora 1957
Mobil Buick Aurora tersebut punya bodi serba meliuk-liuk mirip balon. Kaca depannya gembung karena berfungsi memberi tempat bagi airbag yang kadang mengembang tidak sempurna. Bumper depannya pun seperti sendok, yang akan diisi busa dari lubang-lubang di belakangnya untuk meredam benturan bagi pejalan kaki yang tertabrak. Tak ketinggalan, kursi depan memutar ke belakang saat mobil menumbuk sesuatu di bagian depan.

3. Warna aman
Mobil Bricklin SV-1 buatan 1974 adalah satu dari sekian mobil dengan teknologi keselamatan yang mumpuni, seperti batang pelindung saat mobil terbalik, bumper yang memanjang dalam kecepatan 5 mph, dan yang khas: pilihan warna lembut agar pengendara lain tidak silau. Pilihan warnanya dinamai: “Safety White”, “Safety Orange”, dan “Safety Green”.

4. Rem UFO
Sebelum era pelek besar di atas 19 inci populer, sejumlah produsen mobil, termasuk Audi, berlomba-lomba membuat rem cakram besar dengan penutup mirip UFO. Penutup itu maksudnya melindungi kaliper dan lainnya, sementara rem bekerja lebih mantap dengan area kerja yang lebih lebar. Namun, rem itu justru rumit dan bikin biaya perawatan-perbaikannya mahal.

5. Pilar A transparan
Volvo membuat perangkat tersebut pada Safety Concept Car produksi 2001. Perangkat airbag pejalan yang belakangan akhirnya dikembangkan lebih lanjut itu mengembang di kaca depan sehingga mereka yang tertabrak tidak mental dan memecahkan kaca mobil. Sementara itu,
pilar A dibuat "jaring-jaring" untuk menghindari blind spot atau titik buta di pilar sebelah spion.

6. Hidung dan buntut karet
Fiat ESV 1500 buatan 1971 dipasangi bumper karet di depan dan belakang supaya aman bagi orang yang tertabrak, sekaligus membuat mobil (diharapkan) tidak rusak saat berbenturan. Hidung itu pun dianggap terlalu besar dan konyol untuk Fiat yang mungil ini, mirip punya Pinokio. (Bersambung)

 

EditorAris F Harvenda
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM