Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"DragQuoia" dari SUV Toyota

Kompas.com - 22/10/2012, 17:32 WIB

Nevada, KompasOtomotif — Toyota Racing Development (TRD) ditunjuk Toyota jadi penyelenggara adu kreatif modifikasi yang dikemas dalam Celebrity Dream Build Challange. Menariknya, partisipan hanya diikuti empat peserta (dari hasil seleksi) yang berasal dari kalangan olahragawan otomotif. Karya mereka itu kemudian dipamerkan pada SEMA 2012 yang dibuka pada akhir Oktober. Pemenangnya akan mendapat hadiah uang 50.000 dollar AS atau Rp 480 juta, dan diserahkan kepada yayasan pilihan peserta.

Lomba sendiri sudah dimulai sejak Agustus dengan menampilkan empat peserta, yakni pebalap NASCAR Clint Bowyer dan Kyle Busch serta dua lagi wakil dari dragracer Anton Brown dan Alexis DeJoria (wanita). Dalam tulisan ini ditampilkan karya Brown, dragracer 402 m dari kelas Top Fuel Racing yang telah mengubah Sequoia (SUV dari Toyota Tundra). Ia bekerja sama dengan Motorsports Technical Center, Long Beach, California.

Sesuai hobi
Lalu, bagaimana Brown melakukan modifikasinya? Tentu saja dia berpegang pada hobi dan balap yang digelutinya, yaitu drag. Varian tersebut dinamakan DragQuoia. "Proses perakitannya sangat kompleks, membutuhkan ide-ide gila dan kerja keras. Bodi menerima banyak ubahan ekstrem, termasuk mesin V8 yang dipasang," ujar Brown.

Kesan mobil berbodi bongsor dan kokoh dihilangkan. Caranya dengan memotong pilar agar lebih rendah (choptop). Beberapa bagian sasis juga ikut dipotong lebih ceper. Fender belakang didesain ulang agar bisa memuat ban slick yang memiliki tapak dengan lebar 21,5 inci.

Bobot bodi juga dibikin enteng dengan mengganti beberapa komponen berbahan ringan, termasuk kaca yang sudah diubah pakai akrilik. Usaha tersebut mampu mengurangi berat hingga 725,7 kg. Kendati diubah jadi mobil drag, konsep mobil keluarga masih dipertahankan. Buktinya, kabin yang sudah dilengkapi dengan rollcage tersebut dipasangi jok khusus anak-anak di bagian belakang, jadi bisa menampung 4 orang dewasa dan 1 anak. Dasbor standar bawaan pabrik sengaja dipasang dengan masih menyediakan monitor di bagian tengahnya sebagai sarana hiburan.

650 PS
Nah, untuk jantung pacu, Brown bersama tim tetap mempertahankan mesin V8 bawaan pabrik. Biar lebih ngacir mesinnya, ada tambahan tenaga dari supercharger dan NOS. Tak tanggung-tanggung, supercharger yang dipasang berukuran besar hingga harus melubangi kap mesin dan nongol keluar. Hasilnya, tenaga meningkat dari 273 PS menjadi 650 PS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com