Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Toyota Yaris 2010

Malam Bercahaya dan Siang Kinclong

Kompas.com - 12/09/2012, 15:01 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Memodifikasi mobil untuk menarik perhatian tak harus dengan merombak body secara ekstrem. Contohnya, seperti dilakukan oleh Reinaldo, pemilik Toyota Yaris asal Bandung dengan permainan efek cahaya. Apalagi lagi hatchback ini meluncur di malam hari, detail mobil akan tampak.

Pemilik nama panggilan Gio ini menanamkan ribuan LED yang tersusun rapi dalam kemasan berbalut akrilik di sekitar body. "Jumlahnya lumayan banyak, lebih dari seribu. Proses penempelannya juga cukup lama," ujar Gio. Rangkaian LED terdapat di pintu samping, sekeliling bagian bawah dek mobil, bagian dalam bemper depan-belakang dan di balik gril. Ruang mesin pun tak luput dari pencahayaan berwarna biru.

Tak cuma itu, ruang kabin ikut dihias dengan LED.  Mulai dari pinggiran plafon hingga ruang bagasi yang dibenamkan dalam akrilik, sekaligus untuk mempercantik desain audio.

Yaris Masa Depan
 Ternyata, remaja yang masih duduk di kelas 3 SMA ini merasa kurang sreg jika body dalam keadaan standar . "Biar sepadan dengan aplikasi LED yang ekstrem. Jadi, begitu lihat mobil, orang juga akan terkesan," tambahnya. Konsep yang diusung anggota klub Option Bandung ini adalah "Yaris Masa Depan".

Untuk menerjemahkan keinginannya tersebut, dirinya menggandeng H2O Bodywork sebagai modifikator. Yosep, punggawa H2O langsung mencari referensi dari beberapa desain yang memiliki gaya futuristis di internet. Alhasil, bagian samping mengalami pembengkakan dan merubah tarikan garis serta menghilangkan tuas pintu (shaved door).

Sistem buka-tutup pintu juga diubah menjadi gaya gunting (gullwing) yang dioperasikan (membukanya) secara elektrik dengan bantuan remote. Termasuk juga kap mesin, tailgate, TV dan power amplifier di bagasi .

Kinclong
Malam bercahaya, siang tetap kinclong. Itulah dasar mengapa Gio memilih untuk melabur sekujur mobilnya dengan warna blood candy. Detail pengerjaannya cukup rapi hingga lekukan atau tempat yang sulit terjangkau sekalipun. Hebatnya lagi, cat dengan proses 4 tahap ini dilakukan dalam waktu 4 hari.

Agar tidak terlalu sepi, bagian belakang diberi sentuhan airbrush dengan pola bulat dipadu warna dominasi hitam. Efek ini mampu memberikan kesan gradasi dari cat yang lebih menghitam di bagian belakangnya.

Untuk mengantisipasi penambahan berat, Gio juga memasang turbo Zage lengkap dengan intercooler untuk mendongkrak tenaga. Karena jeroannya standar, maka boost hanya dibuka 0,5 bar saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com