Rabu, 20 Agustus 2014

Otomotif


Toyota Indonesia "Recall" Ratusan All New Avanza

Penulis: Agung Kurniawan | Kamis, 22 Maret 2012 | 10:46 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : - | Author : kompas.com/Aris F. Harvenda

Suspensi depan All New Avanza dikeluhkan konsumen langsung ditanggapi Toyota.

Jakarta, KompasOtomotif — Toyota Indonesia diam-diam melakukan kampanye perbaikan massal (recall) kepada ratusan pemilik All New Avanza secara gratis. Hal ini menjadi bagian dari kampanye servis tersembunyi (silent service campaign) untuk mengencangkan baut suspensi depan mobil sejuta umat tersebut.

Joko Trisanyonto, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan adanya laporan dari bengkel Toyota terkait ketidakpuasan konsumen mengenai bunyi di suspensi depan All New Avanza. "Ini bukan recall, laporan langsung kita tangani di bengkel dan sudah beres. Tapi, untuk mencegah kejadian lain, TAM inisiatif memeriksa beberapa unit, daripada nunggu keluhan," komentar Joko kepada KompasOtomotif, hari ini (22/3/2012).

Mengutip Tabloid Otomotif edisi 47 (22-28/3/2012) terindikasi bahwa 363 Avanza menerima undangan untuk servis berdasarkan data nomor rangka dan mesin yang disinyalir mengalami masalah yang sama. "Pemilihan unit itu ada hitungannya, beberapa bulan mundur dan sesudah unit yang diperbaiki. Intinya masalah kepuasan pelanggan saja," lanjut Joko.

Sampai berita ini dinaikkan, Joko sudah mendapatkan hasil laporan pemeriksaan beberapa unit milik konsumen. "Hasilnya sudah keluar dan bukan masalah. Intinya, kami mementingkan kepuasan konsumen," ucap Joko.

Informasi yang diperoleh KompasOtomotif dari salah satu dealer Toyota di Jakarta, pemanggilan Avanza ini dilakukan dengan metode yang rapi. Bahkan, menurutnya, undangan servis pada konsumen dilakukan sebaik mungkin agar tak menaruh curiga atau menimbulkan kesan memaksa. "Bahkan, pengerjaan komponen yang bermasalah biasanya juga tak disebutkan ke konsumen," ujar sumber itu.

 


Editor : Bastian