Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Toyota Alphard 2012 Versi Indonesia

Kompas.com - 06/01/2012, 19:04 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Senin depan (9/1), Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan model terbaru MPV premium, Alphard "facelift", di Kawasan Jakarta Selatan. Tentu, ada yang  bertanya, seperti apa tampilannya? Atau bagian mana yang akan mengalami perubahan?

KompasOtomotif coba 'menerka' kira-kira perubahan pada Alphard berdasarkan budaya facelift yang kerap dilakukan TAM terhadap model-modelnya seperti Vios, Yaris, Innova, dan Avanza. Biasanya, sentuhan dilakukan pada komponen non logam, dengan pertimbangan tidak mengubah jig. Berarti,  perubahan diperkirakan  pada bemper depan - belakang, gril, rumah foglamp, spion, side skirt dan spoiler.

Kebiasaan lainnya, meningkatkan kualitas interior seperti kombinasi warna agar lebih segar, mewah dan lapang. Ubahan ringan juga terjadi pada desain lingkar kemudi. Penambahan fitur biasanya dilakukan pada sektor audio yang bersifat in car entertainment, seperti ubahan head unit dan monitor tambahan.

Urusan dapur pacu hampir tak pernah tersentuh program facelift. Apalagi Alphard 2012 buatan Jepang sebagai acuan tidak mengubah mesin. Berarti, dari balik kap masih teronggok dua pilihan, yakni yang 2.4-liter dan 3.5-liter yang sama-sama sudah dibekali variabel katup ganda, VVT-i, dengan tenaga  masing - masing 170 PS dan 275 PS. Kedua varian tersebut menggunakan transmisi yang berbeda, CVT untuk 2.4G dan sekuensial 6 percepatan untuk 3.5G.

Kisaran harga juga masih menjadi misteri, apakah tetap bertahan dengan harga lama, 2.4X Rp 655 juta, 2.4G Rp 800 juta dan 3.5G Rp 1,034 milyar? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com