Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komunitas

Moge Antik Berkembang di Balikpapan

Kompas.com - 14/11/2011, 12:57 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

KOMPAS.com — Walau terhadang perkembangan motor-motor baru, motor gede (moge) antik tetap berkembang di Kota Balikpapan dan sekitarnya. Motor Antique Club Indonesia (MACI) Balikpapan yang menjadi wadah para motoris moge antik itu kini sudah punya 32 anggota.

Saat terbentuk 22 Agustus 2002 lalu, MACI hanya memiliki delapan anggota, tapi sekarang sudah berkembang hingga 32 anggota, ujar Opec Isdarmono, dari Humas MACI Balikpapan, Minggu (13/11/2011).

Menambah jumlah anggota MACI tidak bisa sangat cepat, apalagi dengan kenyataan bahwa bengkel di luar Jawa lebih sedikit. Onderdil pun lebih susah didapat. Memiliki moge bisa jadi merepotkan, berbeda dengan motor baru. Di luar Jawa, seperti Kalimantan, pemilik moge antik rata-rata cukup paham dalam hal mengutak-atik mesin.

"Mencari moge antik pun banyak harus ke Jawa," kata Opec. Maka tak heran, dalam Classic Exhibition, pameran yang diadakan di Balikpapan Plaza (11-14 November), ada moge antik yang pelat nomornya berasal dari Jawa, bukan nomor Kalimantan Timur.

Namun, peminat moge antik di Balikpapan tak perlu cemas jika ingin memiliki moge. MACI bisa dikontak. "Anggota kami beberapa bisa menangani moge antik," katanya. Syarat menjadi anggota MACI pun gampang, yakni memiliki moge antik buatan tahun 1960 ke bawah.

Harga moge antik bervariasi karena tergantung banyak faktor seperti merek, jumlah yang dibuat pabrikan, orisinalitas, kondisi fisik, hingga performa. "Tapi sebagai gambaran kalau kapasitas dapur pacu di bawah 350 cc, harganya Rp 15 juta-Rp 20 juta. Sedangkan di atas 350 cc harganya di atas Rp 25 juta," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com