Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentley Klasik Berharga Lebih dari Rp 8 Miliar

Kompas.com - 24/06/2011, 15:24 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Pabrikan mobil Bentley pada 1921 sampai 1929 telah memproduksi total 1.088 Bentley 3 Litre. Bentley pada gambar ini merupakan mobil bernomor sasis 3 dan tercatat yang pertama meninggalkan pabrik yang berlokasi di Baker Street, Inggris. Sementara Bentley tertua kedua, kini menjadi koleksi dari pihak pabrikan.

Bentley 3 yang dibekali mesin 3,5 liter ini sasisnya lebih orisinal ketimbang yang kedua. Nomor komponennya masih lengkap, bodi aluminium dipadu dengan kuningan asli dan berkompetisi di ajang reli mobil-mobil klasik berusia di atas 80 tahun.

Kala itu, Bentley 3 Litre mempunyai bobot 1.800 km dengan tenaga mesin di atas 60 HP. Transmisi manual 4-percepatan dan mampu menembus kecepatan maksimum 129 km per jam. Sistem penghenti laju hanya mengandalkan rem belakang.

Nah, kalau dijual, tebak berapa harganya? Pada Agustus mendatang, Bentley tertua ini akan dilelang oleh perusahaan Gooding & Company di Pebble Beach, California. Diprediksi, Bentley 3 ini akan terjual lebih dari 1 juta dollar AS (lebih dari Rp 8 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com