Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor "Steampunk" dari Rusia

Kompas.com - 09/06/2011, 17:19 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Mikhail Smolyanov mulanya ingin membuat motor dengan desain mobil balap tahun 1920-an yang dipasangi mesin pesawat. Namun, ia malah menjadikan motor itu ala steampunk, gaya desain gabungan era mesin uap abad ke-19 dengan unsur fiksi ilmiah atau fantasi. Motor yang baru sebatas gambar ini dinamai ARX-4 Steampunk.

"Saya juga menambahkan detail bagian dari mesin V8. Jadinya ya seperti ini," kata arsitek asal Moskwa, Rusia, yang juga sudah membuat sejumlah desain motor dan mobil bergaya steampunk tersebut.

Penyematan desain mobil balap lawas bisa dilihat pada cangkang tangki dan mesin. Demikian juga dengan nomor "27" di buritan.

Desainnya dominan "mengotak". Kesan membulat sungguh minim, kecuali tentu saja pada roda, serta lekuk spidometer, kaca depan, dan cangkang tangki dan mesin tadi.

Pegangan rodanya lurus bak gerobak. Kalau ini jadi direalisasikan, maka kaki-kaki sepertinya akan mengandalkan rem tromol.

Roda belakang digerakkan dengan gardan, bukan rantai. Gardan itu terlihat dari pemasangan tiang di bagian kanan belakang.

Penumpangnya akan duduk di atas jok berbahan kulit dengan tas-tas kulit kecil di depan. Ada pula bantalan kayu berikut sayap penanda bahwa desain motor ini juga diambil dari pesawat terbang dan menyodorkan kesan vintage.

Sistem belok roda depan agaknya non-konvensional. Porosnya ada di bawah sehingga—yang paling mungkin—manuver dilakukan dengan merebahkan roda ke kanan atau kiri.

Ruang mesinnya ditutup dengan jaring-jaring, sedangkan dalamnya terdapat susunan silinder segaris ala mesin kuno. Desain yang ajaib. Entah, si Mikhail Smolyanov itu sedang bermimpi apa ketika menggambar ARX-4 Steampunk. (Dimas)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com