Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Sensasi BMW X3 xDrive35i

Kompas.com - 08/04/2011, 18:21 WIB

KOMPAS.com - Kendati baru diluncurkan kemarin lusa, minggu lalu KOMPAS.com sudah diberi kesempatan mencoba langsung All-New atau Generasi Ke-2 SUV menengah BMW X3. BMW pun langsung menyediakan dua varian yang dipasarkan berdasarkan mesin,  yaitu bensin atau  xDrive35i dan diesel, xDrive20d Business.

Kesempatan pertama, langsung mencoba  xDrive35i dari Palmerah Selatan, menuju Bandung, lewat jalan tol Jakarta-Cakampek- Bandung. Tes lebih fokus  untuk mengetahui, respon mesin terhadap injakan pedal gas, pengendalian dan sebagainya. Semua berdasarkan “feeling” atau tidak menggunakan alat ukur standar.

Mewah
Soal, kemewahan, tidak bisa dipungkiri. Untuk menyetel jok pengemudi, dilakukan hanya dengan menekan tombol. Sedangkan untuk menghidupkan mesin, tekan  pedal rem kaki, pencet tombol “Start/Stop” dengan tangan kiri di belakang setir, mesin pun langsung “brooomm...”.

Bagi pemilik baru, yang perlu dipelajari adalah pengoperasian tombol “P” parkir, dan “Auto-Hold”. Apalagi yang terbiasa menggunakan mobil dengan rem tengan model tuas di konsol tengah. Pada X3, rem parkir dioperasikan melalui tombol di bagian atas tongkat transmisi (“shifter”) dan tombol “P” lainnya di konsol box tengah.

Satu lagi tombol di bagian ini adalah “Auto H (old) berfungsi menjaga kendaraan  tidak bergerak atau diam di tempat kendati transmisi berada di “D".  Kondisi juga sangat membantu saat berhenti di tanjakan karena, X3 juga dilengkapi dengan “Hill Decent Control”. Untuk jalan kembali, cukup  menekan pedal gas. Sangat menyenangkan!

Interior mewah! Jok dan bagian dalam dilapisi (trim) dengan kulit yang nyaman diduduki. Kebetulan  xDrive 35i yang dicoba  interiornya (termasuk jok) berwarna cerah, coklat merah (red brown). Versi ini juga dilengkapi dengan glass-roof.

Tenaga Hebat
Bagi yang sukat ngebut, X3 bensin atau xDrive35i sangat pas. Tenaga dan torsi yang dihasilkannya sangat besar. Mulai dari putaran rendah sampai atas, diperoleh terus. Bila ingin mendahului kendaraan lain, cukup menekan pedal gas lebih dalam. Tak ada lagi kesan bodi besar.

Tarikan mesin yang galak seakan,  membuat kita seperti menggemudikan  mobil kecil. Begitu   pedal gas ditekan lebih dalam dengan cepat  - transmisi tetap di “D” - terasa sekali sensasi  tarikan   mesin yang sangat bertenaga.

Bahkan, ketika  dicoba start di tanjakan  - di jalanan perbukitan di utara Bandung -  mesin bensin 3,0 liter dengan turbo ganda   pada  xDrive35i  ini langsung "menclat".

Kenyamanan
Untuk kenyamanan sangat mantap. Di samping , ketika diajak menikung atau membelok pada kecepatan tinggi, terasa stabil. Semua berkat fitur seperti Cornering Brake Control dan sistem traksi. Begitu ketika membelok atau pindah jalur, kendati posturnya cukup tinggi, namun X3 ini mampu bermanuver dengan mantap dan meyakinkan!

Sistem infotaiment, utamanya  koneksi Bluetooth diutak-atik dengan iPod Touch dan smartphone Android. Semua berjalan lancar! Rem juga oke! Kendati ditekan sedikit, terasa langsung bekerja!

Start-Stop
Selama perjalanan, terutama di dalam kota, diperhatikan  kerja sistem “Start & Stop” ketika dioperasikan (sistem bisa dimatikan). Setelah melaju pada kecepatan di atas 10 km/jam, dan kemudian berhenti, dalam hitungan detik, mesin langsung mati! Untuk ini, juga ada tanda pada panel instrumen. Kondisi ini bisa dirasakan oleh pengemudi. Untuk jalan, pengemudi tak perlu repot, tinggal tekan pedal gas! X3 langsung  melaju!

Konsumsi BBM
Selama perjalanan sempat juga diperhatikan konsumsi bahan bakar. Maklum mobil ini sudah dilengkap dengan pembaca konsumsi bahan bakar yang dihitung dengan satun km/liter. Selama dites selalu menggunakan “D” (tidak mengoperasikan gigi secara manual), dalam kota 7,4 km/liter. Sedangkan di jalan tol 10,7 km/liter. Sementara klaim BMW adalah 11,4 km/liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com