Wuih, Bebek Berubah Kelamin - Kompas.com

Wuih, Bebek Berubah Kelamin

Kompas.com - 06/07/2010, 16:54 WIB

KOMPAS.com — Anda tak percaya kalau motor itu sudah berusia 26 tahun. Apalagi dengan model tangki bensin yang mirip kendaraan lawas DKW, padahal aslinya Honda Astrea 800.

Tapi, di tangan terampil Bambang "Papi" Winarto dari rumah modifikasi Herry Matic, bebek miliknya itu jadi bergaya klasik sedikit campur motor bikinan Amerika Harley-Davidson.

Seperti tampak pada kedua sepatbor dengan model yang menutup separuh ban. Kemudian sistem pengoperasian gigi persneling lewat tangan dengan menggeser tongkat. Trus, tengok lengan ayun dan belakang tanpa suspensi alias rigid.

Dari gambaran di atas, tampaknya Papi berangan-angan ingin punya H-D WLC generasi 1943. Semoga keinginannya bisa terpenuhi.

Yang menarik lagi dari karya Bambang ini, konsep ngumpet untuk komponen yang terlihat tidak rapi. Ambil contoh, baut atau mur antar bodi disembunyikan, kemudian kunci kontak menempel di atas tangki. Kerjaan berisiko tinggi karena setrum ketemu air (dari bensin yang menguap) bisa bikin korslet.

"Itu kebayang risikonya. Kabel kunci kontak diumpetin masuk pipa," ujar Bambang. Kabel juga diumpetin dalam pipa berukuran 0,5 inci supaya terlindung dari uap bahan bakar.

Masih banyak lagi trik sembunyi dilakukan Bambang demi menonjolkan kerapian, seperti baut emblem di tangki, bukannya menggunakan lem. Untuk lebih jelasnya, silakan simak detail Honda Astrea ini. (Niko)

EditorBastian
Close Ads X