Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Siapkan Golf dan Polo Rakitan Indonesia

Kompas.com - 09/06/2010, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-Volkswagen (VW) makin serius garap pasar ASEAN. Produsen mobil terbesar Jerman tersebut telah menunjuk tiga negara, yakni Thailand, Malaysia dan Indonesia sebagai basis produksi.

Setiap negara akan memasarkan produk terlaris masing-masing. Untuk Indonesia, VW berkomitmen menginvestasikan US$140 juta. Tapi, belum dijelaskan direalisasikan. Begitu juga bentuknya.

"Kami masih menunggu realisasi VW di Indonesia, berharap secepatnya," jelas Andrew Nasuri, CEO GMM, di Jakarta, (8/6/2010).

National Sales Manager GMM, Jonas Cendana menambahkan, VW memang berencana mengeluarkan produk baru khusus untuk pasar Indonesia. Model yang dipasarkan, bisa MPV atau hatchback.

ASEAN, lanjutnya, satu-satunya pasar potensial yang belum digarap secara serius okeh VW setelah China, India, dan Brasil. Komitmen awal VW, mulai ditunjukkan dengan merakit lokal Touran di fasilitas perakitan milik Grup Indomobil, National Assembler, Pulo Gadung, Jakarta.

Dijelaskan pula, akuisisi VW terhadap 19 persen saham Suzuki di Jepang, juga bakal mempengaruhi bisnis perusahaan tersebut di ASEAN. "Menurut saya, komitmen VW di Indonesia baru bisa direalisaskan i pada 2012. Itu pun menunggu kepastian dari Jerman.

Mungkin saja bangun pabrik baru, tapi yang pasti produk khusus Indonesia akan memenuhi ASEAN konten 40 persen,agar bisa saling mengisi dengan produk lain yang dibuat di Malaysia dan Thailand," papar Jonas.

Golf dan Polo CKD Sementara itu, GMM juga berencana meluncurkan produk rakitan lokal terbaru, yaitu Golf pada pertengahan Juni ini. Golf menjadi produk kedua yang diimpor secara terurai (CKD) oleh GMM setelah Touran.

"Produk ini akan sensasional karena harganya akan jauh di bawah GTI (Rp575 juta per unit). Kami harap bisa diterima dengan baik. Sebentar lagi kita akan perkenalkan," jelas Jonas.

Setelah Golf, GMM juga akan merakit Polo secara lokal di Indonesia. Namun baru akan direalisasikan tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com