Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Motor Jepang Suntik Dana Segar buat Honda Indonesia

Kompas.com - 26/10/2009, 11:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS. com - Pabrik motor Honda (Honda Motor Co.= HMC) berencana akan berinvestasi Rp 1,02 triliun (10 miliar yen) sampai 2011 untuk meningkatkan kapasitas produksinya di Indonesia, termasuk di antaranya jenis skutik yang mencapai 20% dari 3,6 juta unit. Informasi ini disampaikan kantor berita Nikkei, Senin (26/10).

Prinsipal dari Jepang gencar meningkatkan produksi dengan membangun fasilitas pendukung lantaran permintaan pasar lagi tumbuh sehat. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan pasar di dunia.

PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia - anak perusahaan dari Astra International - akan memperluas salah satu dari ketiga pabriknya dengan membangun fasilitas baru. Saat ini, setiap pabriknya mempunyai kapasitas produksi 1 juta unit.  Diharapkan, dengan adanya fasilitas baru itu bisa meningkatkan produksi di salah satu pabriknya  600.000 unit.

Konstruksi bagunan mulai dikerjakan 2010, sedang target peresmiannya 2011. Dari ketiga pabrik yang ada sekarang ini diproduksi 1 juta unit setahun. Dengan adanya penambahan fasilitas baru - termasuk di antaranya untuk memproduksi skutik - kapasitas produksi meningkat menjadi 1,6 juta unit.

Indonesia sekarang ini tercatat sebagai pasar terbesar kedua Honda setelah india. Tahun lalu, penjualannya tercatat 2,87 juta unit. Tahun ini, kondisi pasar jatuh akibta dilanda krisis ekonomi global, namun perlahan mulai menunjukkan gejala naik mulai pertengahan tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com